Kompas.com - 11/07/2022, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Neptunus adalah planet pertama yang keberadaannya diprediksi oleh perhitungan matematis sebelum benar-benar terlihat melalui teleskop pada 23 September 1846.

Astronom asal Jerman, Johann Galle, kemudian mengandalkan perhitungan berikutnya untuk membantu menemukan Neptunus melalui teleskop.

Sebelumnya, astronom Galileo Galilei membuat sketsa planet, tetapi ia salah mengira Neptunus sebagai bintang karena gerakannya yang lambat.

Dilansir dari Space, hanya satu misi yang telah diterbangkan ke Neptunus, yakni Voyager 2 pada tahun 1989.

Ini berarti bahwa para astronom telah melakukan sebagian besar studi menggunakan teleskop berbasis darat.

Baca juga: 9 Fakta Merkurius, Planet Terkecil hingga Memiliki Orbit Tercepat di Tata Surya

Fakta-fakta Planet Neptunus

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, berikut adalah fakta-fakta Planet Neptunus yang menarik untuk diketahui:

1. Planet Neptunus memiliki periode orbit 164,79 tahun.

2. Neptunus mengelilingi Matahari hanya sekali sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1846.

3. Jarak rata-rata Planet Neptunus dari Matahari diperkirakan 4.498.250.000 km.

5. Sumbu rotasi Neptunus mengarah ke bidang orbitnya sebesar 29,6°, agak lebih besar dari 23,4° Bumi.

6. Kemiringan sumbu di Neptunus mengakibatkan pergantian musim dan karena lingkaran orbitnya, Neptunus memiliki musim yang sangat panjang, masing-masing durasinya hampir 41 tahun.

7. Periode rotasi Neptunus adalah 16,11 jam.

8. Diameter khatulistiwa Neptunus yang diukur pada tingkat tekanan satu bar adalah 49.528 km.