Kompas.com - 05/07/2022, 13:02 WIB


KOMPAS.com- Ahli berhasil mengidentifikasi spesies baru bunga teratai air raksasa, dan disebut sebagai yang terbesar di dunia. 

Tak hanya itu saja, spesies baru bunga teratai tersebut ternyata juga merupakan yang terbesar dari jenisnya, menjadikannya sebagai teratai air terbesar di dunia.

Spesies baru teratai air raksasa ini memiliki lebar daun teratai hingga 3,2 meter dan bunga yang masing-masing lebih besar dari kepala manusia.

"Teratai ini pasti bisa menahan berat anak kecil. Tapi saya pikir Anda harus memberikan semacam penopang di dalamnya untuk mendistribusikan berat badan mereka di daun teratai, meski kita belum mengujinya," ungkap Natalis Przelomska dari Kew Garden, Inggris.

Secara teori, daun besar teratai air ini bahkan dapat menopang berat orang dewasa hingga 80 kilogram.

Baca juga: Spesies Baru Kantong Semar, Cari Mangsa dengan Cara yang Tak Biasa

Dikutip dari New Scientist, Senin (4/7/2022) peneliti kemudian menamai spesies baru teratai air raksasa itu sebagai Victoria boliviana.

Teratai ini merupakan spesies ketiga dari teratai raksasa yang diketahui di dunia hingga saat ini.

Lalu bagaimana awal mula peneliti bisa menemukan V. boliviana ?

Pada tahun 2016, institusi dari Bolivia yaitu Santa Cruz de La Sierra Botanic Garden dan La Rinconada Gardens menyumbangkan koleksi benih teratai raksasa ke Kew Gardens,

Tak disangka-sangka saat Carlos Magdalena, seorang ahli hortikultura di Kew Gardens bersama anggota tim peneliti menumbuhkan benih, mereka rupanya dapat melihat bahwa benih teratai berbeda dari dua spesies teratai yang sudah dikenal.

Baca juga: 8 Spesies Baru Tumbuhan Unik Ditemukan di Hutan Indonesia Selama Pandemi

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.