Kompas.com - 04/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan bahwa kasus cacar monyet atau monkeypox, di wilayah Eropa meningkat tiga kali lipat selama dua pekan terakhir.

Kondisi tersebut membuat Kepala WHO untuk Eropa, Henri Kluge, meminta negara-negara untuk melakukan tindakan guna mencegah penyebaran virus cacar monyet.

Menurut laporan WHO, infeksi cacar monyet telah meningkat sejak 15 Juni 2022 lalu, dengan 4.500 kasus baru dikonfirmasi di 31 negara Eropa.

“Tidak ada ruang untuk berpuas diri terutama di sini, di kawasan Eropa, dengan wabah yang menyebar cepat setiap jam, hari dan minggu memperluas jangkauannya ke daerah yang sebelumnya tidak terdampak,” terang Kluge dilansir dari CNBC, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Ada 3.413 Kasus Cacar Monyet di 50 Negara, Ini Rekomendasi WHO

Diberitakan sebelumnya, WHO belum menyatakan status cacar monyet sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency International Concern (PHEIC), seperti yang berlaku pada Covid-19.

Kendati demikian, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berkata bahwa cacar monyet adalah ancaman kesehatan yang terus berkembang.

Oleh karena itu, dia mendesak pemerintah di setiap negara untuk meningkatkan pengawasan, pelacakan kontak, serta memastikan orang-orang yang berisiko tinggi untuk memiliki akses ke vaksin maupun antivirus.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kluge berkata bahwa WHO kemungkinan akan mempertimbangkan kembali apakah cacar monyet akan segera menjadi darurat kesehatan global.

Kluge pun memperingatkan agar otoritas kesehatan masyarakat di Eropa segera meningkatkan pengawasan cacar monyet dan kapasitas mereka untuk mendiagnosis penyakit sekaligus mengurutkan sampel.

Baca juga: Kemenkes Pastikan Belum Ada Kasus Cacar Monyet di Indonesia

"Orang yang berkontak dengan pasien cacar monyet perlu segera diidentifikasi untuk menghentikan penyebaran," ujarnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.