Kompas.com - 02/07/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com- Panda raksasa terkenal pemilih soal makanan. Mereka hanya mengunyah bambu dan setiap hari mampu mengabiskan 15 jam hanya untuk mengonsumsi 45 Kg bambu.

Namun nenek moyang mereka, seperti kebanyakan beruang, rupanya memiliki pilihan makanan yang lebih luas termasuk daging.

Sementara makanan eksklusif panda modern yang berupa bambu ini diperkirakan berevolusi baru-baru ini.

Akan tetapi, sebenarnya, kapan panda berevolusi makan bambu, kapan mereka mulai menyukai dan kemudian mengonsumsi bambu-bambu ini?

Dalam sebuah studi baru, peneliti menemukan bahwa ketertarikan pada bambu setidaknya berasal sekitar 6 juta tahun. Kemungkinan itu lantaran ketersediaan tanaman yang luas dan sepanjang tahun.

Baca juga: Panda Hanya Makan Bambu, Mengapa Tubuh Panda Tetap Besar?

Studi baru juga menemukan untuk bertahan hidup hanya dengan memakan bambu, panda pun mengembangkan evolusi bagian tubuh mereka.

Dikutip dari CNN, Jumat (1/7/2022) untuk bertahan hidup hanya dengan bambu bernutrisi rendah, panda modern (Ailuropoda melanoleuca) telah mengembangkan jari keenam yang aneh.

Yakni, semacam ibu jari yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah mengenggam batang bambu dan mengupas daunnya.

"Memegang batang bambu dengan erat dan menghancurkannya menjadi seukuran yang mudah untuk digigit mungkin merupakan adaptasi paling penting untuk mengonsumsi bambu dalam jumlah yang luar biasa," kata Xiaoming Wang, penulis studi tentang evolusi panda makan bambu.

Baca juga: Video Hewan, Panda Ini Lebih Pilih Ngemil Bambu Dibanding Kawin

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.