Kompas.com - 01/07/2022, 08:00 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Tuberkulosis (TBC atau TB) merupakan penyakit yang dapat menular melalui udara ketika penderitanya batuk, bersin, atau meludah.

Menurut data World Health Organization (WHO), setidaknya 10 juta orang menderita TBC dan 1,5 juta orang meninggal karena TBC setiap tahun.

WHO menyebut TBC sebagai penyebab utama kematian penderita HIV/AIDS dan juga merupakan kontributor utama resistensi antimikroba.

Penyebab TBC

Dilansir dari Cleveland Clinic, TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab TBC adalah Mycobacterium tuberculosis.

Bakteri penyebab TBC ini dapat menyebar melalui udara dan biasanya menginfeksi paru-paru atau bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Melawan TBC Resisten Obat dengan Tes Pengurutan Genomik

TBC dapat menular ketika seorang penderita TBC aktif melepaskan bakteri melalui batuk, bersin, meludah, atau bahkan berbicara. Perlu diketahui bahwa hanya orang dengan TBC aktif yang dapat menularkan penyakit ini.

Banyak orang yang menghirup bakteri penyebab TBC dan mampu melawan bakteri serta menghentikan pertumbuhannya. Bakteri tersebut menjadi tidak aktif dan menyebabkan infeksi TBC laten.

Tanda dan gejala TBC

Salah satu perbedaan TBC aktif dan TBC laten adalah TBC laten tidak menimbulkan gejala, sedangkan TBC aktif menyebabkan beberapa gejala. Seseorang dapat mengetahui apakah dirinya menderita TBC laten adalah dengan melakukan tes darah.

Mengutip WebMD, berikut adalah tanda dan gejala TBC aktif yang perlu diwaspadai:

  • Batuk yang berlangsung selama lebih dari tiga minggu.
  • Dada terasa sakit.
  • Batuk berdarah.
  • Merasa lelah sepanjang waktu.
  • Muncul keringat malam.
  • Panas dingin.
  • Demam.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Penurunan berat badan.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Penyakit TBC Agar Tidak Menular

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera temui dokter untuk memeriksakan diri dan segera mendapatkan penanganan medis.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.