Kompas.com - 30/06/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Burung yang bermigrasi menurun secara global karena pengaruh aktivitas manusia.

Penelitian baru dari University of East Anglia menunjukkan, bahwa terjadi penurunan migrasi populasi burung ke wilayah-wilayah yang memiliki lebih banyak infrastruktur manusia.

Selain itu penurunan migrasi terlihat pada wilayah dengan kepadatan populasi manusia dan tingkat perburuan yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, degradasi habitat dan perubahan iklim pun tak luput berperan dalam mendorong penurunan migrasi jangka panjang.

Baca juga: Jumlah Spesies Burung Terancam Punah di Indonesia Terbanyak di Dunia

Tim berharap hasil studi ini dapat membantu menginformasikan cara terbaik untuk menargetkan upaya konservasi.

"Kita tahu bahwa burung yang bermigrasi mengalami penurunan yang lebih besar daripada spesies yang tidak bermigrasi, tetapi tidak jelas mengapa," kata James Gilroy, peneliti dari University of East Anglia.

Dan ternyata spesies yang bermigrasi ini paling sering terkena dampak manusia.

Seperti dikutip dari Science Daily, Rabu (29/6/2022) tim peneliti setidaknya mengidentifikasi 16 ancaman yang disebabkan manusia terhadap burung yang bermigrasi.

Termasuk di dalamnya adalah infrastruktur yang terkait dengan gangguan dan tabrakan burung, konversi lahan dari habitat alami ke lahan manusia, serta perubahan iklim.

Kemajuan dalam citra satelit memungkinkan tim untuk memetakan masing-masing dari 16 ancaman di seluruh Eropa, Afrika, dan Asia Barat. Tim juga menciptakan peta tekanan perburuan skala besar pertama di seluruh wilayah.

Sebanyak 103 spesies burung yang bermigrasi dipelajari menggunakan kumpulan data skala besar, termasuk banyak spesies yang menurun dengan cepat seperti tekukur penyu dan burung Cuckoo.

Tim menghitung 'skor ancaman' untuk faktor-faktor seperti hilangnya habitat dan perubahan iklim, di seluruh lokasi pengembangbiakan, serta rentang non-pengembangbiakan.

Baca juga: Kenapa Burung Pelikan Bermigrasi?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.