Spesies Baru Kanguru Raksasa Purba Ditemukan di Pegunungan Papua Nugini, Seperti Apa?

Kompas.com - 29/06/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com-Ahli paleontologi dari Flinder University, Australia berhasil mendeskripsikan genus baru kanguru raksasa berdasarkan fosil yang ditemuka di pegunungan Papua Nugini tengah.

Deskripsi ini pun menunjukkan bahwa kanguru raksasa purba tersebut tak berkerabat dengan kanguru Australia melainkan merupakan genus unik kanguru yang lebih primitif dan hanya ditemukan di Papua Nugini.

Peneliti kemudian memberikan nama spesies baru kanguru raksasa purba ini Nombe nombe. Pemberian nama ini diambil berdasarkan tempat penemuan fosil di Nombe Rockshelter, sebuah situs arkeologi dan paleontologi di Provinsi Chimbu, Papua Nugini (PNG).

Peneliti pun berencana kembali ke PNG untuk penggalian dan penelitian lebih lanjut tahun depan.

Dikutip dari Phys, Rabu (29/6/2022) spesies kanguru purba, Nombe yang berotot tinggal di hutan hujan pegunungan yang beragam dengan semak belukar yang lebat dan kanopi tertutup.