Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2022, 20:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, beredar sebuah video yang menampilkan seekor ular raja atau kingsnake sedang menelan seekor ular derik yang jauh lebih besar di Haddock, Georgia.

Pemandangan tidak biasa ini direkam oleh warga setempat bernama Tom Slagle yang berusia 82 tahun.

Melansir Live Science edisi 24 Juni 2022, Tom terkejut menemukan ular raja timur (Lampropeltis getula) itu sedang memakan ular derik kayu (Crotalus horridus)yang tubuhnya lebih besar di dekat kotak suratnya. Dia pun segera merekamnya.

Baca juga: 8 Perbedaan Ular Kobra dan King Kobra

Lalu, pada tanggal 8 Juni, pejabat Departemen Sumber Daya Alam Georgia kembali membagikan video tersebut di Facebook dengan keterangan: "Ini adalah dunia ular makan ular di luar sana." 

Dalam video tersebut, ular raja terlihat perlahan menggerakkan rahang bawahnya yang fleksibel ke bawah tubuh ular derik. Bagian kepala dan sebagian tubuh ular derik telah masuk ke dalam mulut ular raja.

Lalu karena ular yang lebih besar tampaknya tidak bergerak sama sekali, kemungkinan besar ia telah dibunuh oleh ular raja sebelum dimakan.

Para ahli belum begitu yakin mengenai seberapa besar ukuran dan panjang dari kedua ular tersebut, terutama ular derik yang dimakan. Hal ini karena rekaman tidak menunjukkan bahwa proses ular makan ular bermula.

Namun terlihat jelas dari ukurannya bahwa bobot tubuh ular derik yang ada dalam video tersebut lebih besar daripada ular raja.

Baca juga: 5 Ular Kobra Paling Berbahaya di Dunia

Untuk diketahui, ular derik kayu (Crotalus horridus) biasanya tumbuh hingga 1,8 meter, sedangkan ular raja timur (Lampropeltis getula) mencapai panjang maksimum 1,2 meter saja. 

Ular juga memang diketahui bisa melahap mangsa yang jauh lebih besar daripada tubuhnya, seperti rusa, sapi, dan bahkan manusia.

Akan tetapi, perilaku ular memakan ular yang lebih besar jarang terjadi. Pasalnya, bila ada dua ular yang saling memakan, biasanya ular yang lebih besar akan memakan ular yang lebih kecil.

Ular raja adalah pengecualian. Kemampuannya untuk memakan ular yang lebih besar membuatnya diberi nama ular raja atau kingsnake. Akan tetapi, mereka lebih sering memakan kadal, tikus, burung, dan telur penyu air tawar. 

Baca juga: Bagaimana Cara Ular Sanca dan Boa Membunuh Mangsa Tanpa Bisa?

Ketika berburu, ular raja akan menggigit mangsanya di area dekat leher, melingkari tubuh mangsa dan meremasnya erat-erat. 

Selain itu, menurut University of Georgia, meski kingsnake tidak memiliki racun mereka sendiri, mereka kebal terhadap bisa dari beberapa sepupu mereka yang berbisa sehingga dapat dengan aman memakan ular derik, ular agkistrodon dan ular Agkistrodon piscivorus (cottonmouth). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com