Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Mulai Longgar, Layakkah Covid-19 jadi Endemi?

Kompas.com - 14/06/2022, 16:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Sebelum terlihat tren kasus infeksi baru kembali meningkat, beberapa aturan protokol kesehatan (prokes) dan kebijakan terkait Covid-19 sudah kembali dilonggarkan.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan pelonggaran penggunaan masker untuk masyarakat sebagai tindak lanjut penanganan pandemi Covid-19 yang diklaim semakin membaik.

Dalam pelonggaran itu masyarakat boleh tidak memakai masker, jika sedang beraktivitas di ruang terbuka dan tidak padat orang.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan video pada Selasa (17/5/2022) sore.

Pada beberapa wilayah di Indonesia Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah tidakk banyak diberlakukan lagi, dan sebagian menerapkan PPKM level 1.

Baca juga: Status Pandemi Covid-19 Belum Akan Diubah Jadi Endemi, Ini Kata WHO

Selain itu, aturan pelonggaran lainnya yakni soal kebijakan Work From Office (WFO) juga telah diperbolehkan 100 persen. Sehingga, para pegawai sudah banyak beraktivitas kembali di kantor-kantor 100 persen, dan transportasi umum juga kembali ramai karena kebijakan ini.

Dengan begitu, aktivitas masyarakat juga hampir kembali normal dari berbagai bidang.

Lantas dengan berbagai pelonggaran kebijakan tersebut, isu narasi mengenai sebagian dari masyarakat sudah menganggap bahwa Covid-19 tidak lagi menjadi pandemi tetapi endemi juga semakin kuat.

Sudah layakkah Covid-19 jadi endemi?

Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, tidak semudah itu bagi kita untuk menyebutkan bahwa kondisi Covid-19 saat ini sudah termasuk endemi.

Dicky menjelaskan, saat ini Covid-19 masih tetap berstatus pandemi, karena beberapa indikator secara global belum menunjukkan bahwa Covid-19 sudah masuk kategori endemi.

Baca juga: Epidemiolog: Endemi Covid-19 Rujuk Target Global, Diperkirakan Oktober 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com