Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CDC Sebut Belum Ada Bukti Cacar Monyet Menular Lewat Udara

Kompas.com - 12/06/2022, 09:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), memastikan bahwa belum ada laporan yang membuktikan virus cacar monyet menular melalui udara.

Sebelumnya, ada dugaan cacar monyet dapat menyebar melalui air liur atau sekresi pernapasan selama kontak tatap muka.

Akan tetapi, sekresi ini kemungkinan bisa menghilang di udara dengan cepat, karena penelitian menunjukkan mekanisme penularan cacar monyet melalui udara belum pernah ditemukan.

Hal itu diungkapkan CDC dalam panduan terbarunya yang dipublikasikan baru-baru ini.

Baca juga: Cacar Monyet Diidentifikasi di 29 Negara Dunia, Ini Kata WHO

Dilansir dari CNN, Kamis, (9/6/2022) CDC berkata mekanisme penularan cacar monyet  tampaknya tidak sama seperti virus corona, ataupun campak yang menyebar melalui udara di mana partikel virus bisa bertahan lama.

"Dalam kasus di mana orang yang menderita cacar monyet telah bepergian dengan pesawat, tidak ada kasus cacar monyet yang diketahui terjadi pada orang yang duduk di sekitar mereka, bahkan dalam penerbangan internasional yang lama," terang CDC.

Pejabat CDC pun telah merekomendasikan agar pasien yang terinfeksi cacar monyet memakai masker, jika diharuskan berada di sekitar orang dalam satu rumah.

Terlebih, bila ada kemungkinan kontak dekat dengan mereka. Masker juga direkomendasikan bagi petugas kesehatan maupun seseorang yang mungkin sudah berkontak dekat dengan pasien cacar monyet.

Beberapa waktu lalu, CDC juga mengeluarkan rekomendasi bagi para wisatawan di negaranya untuk mengenakan masker guna melindungi diri dari risiko cacar monyet.

Kendati begitu, rekomendasi tersebut segera dibatalkan karena dianggap menimbulkan kebingungan terkait mekanisme penularan virus.

Sebab, cacar monyet diketahui menyebar melalui kontak langsung dengan cairan atau luka orang yang terinfeksi. Selain itu, virus juga berpotensi menyebar melalui bahan yang sudah terkontaminasi misalnya linen.

Sebagai informasi, setidaknya 45 kasus probable cacar monyet telah dilaporkan CDC. Sedangkan 15 kasus di negara bagian Amerika Serikat sudah dikonfirmasi positif cacar monyet.

Hingga kini, CDC mencatat sudah ada 1.356 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi, di 31 negara non-endemik.

Baca juga: Apa Bedanya Cacar dan Cacar Monyet?

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com