Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisme Uniseluler, Ciri, Tipe, dan Contohnya

Kompas.com - 04/06/2022, 18:44 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com -Kita tahu bahwa berbagai organisme termasuk manusia tersusun atas banyak jenis sel yang memiliki fungsi berbeda-beda. Namun, terdapat beberapa jenis organisme bersel satu atau organisme uniseluler.

Organisme uniseluler terdengar merupakan makhluk yang sederhana. Padahal sebaliknya, organisme bersel satu sangat rumit karena harus mampu menjalankan berbagai fungsi vital kehidupan dengan satu sel saja.

Ciri-ciri organisme uniseluler

Ciri-ciri organisme bersel satu adalah sebagai berikut:

  • Organisme bersel satu bereproduksi dengan cara aseksual
  • Organisme ini bisa berupa sel eukariot atau prokariot
  • Nutrisi masuk dan keluar dari sel menggunakan cara difusi
  • Sangat kecil dan hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop
  • Bisa ditemukan di berbagai habitat, bahkan di habitat dengan suhu ekstrem seperti mata air panas dan kutub

Tipe organisme uniseluler

Terdapat dua macam organisme uniseluler, yaitu eukariot dan prokariot. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing tipe organisme bersel satu, beserta dengan contohnya.

Sel prokariot

Kata prokariot berasal dari bahasa Yunani, yaitu pro yang berarti sebelum dan karyon yang berarti biji. Nama ini diberikan karena prokariot tidak memiliki nukleus. Kebanyakan organisme bersel satu tipe prokariot berukuran sangat kecil. Diameternya adalah 0,7 sampai 2 nanometer dengan volume 1 nanometer kubik saja.

Dinding sel prokariot tersusun atas peptidoglikan yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel dan mencegah dehidrasi. Untuk pergerakan, sel prokariot menggunakan flagela. Flagela ini melekat pada dinding sel dan berputar seperti motor.

Prokariot memiliki satu molekul DNA yang tersimpan pada nukleoid. Selain itu, terdapat juga materi genetik tambahan bernama plasmid yang tidak dibutuhkan sel, namun memberi keuntungan bagi sel. Contohnya materi genetik resisten terhadap antiobiotik.

Contoh sel prokariot adalah archabacteria dan eubacteria.

Baca juga: Apa Itu Organisme Autotrof?

Sel eukariot

Eukariot berasal dari bahasa Yunani, yaitu eu yang artinya sebenarnya dan karyon. Sesuai dugaan, eukariot adalah sel yang memiliki nukleus. Sel eukariot memiliki ukuran yang lebih besar dari prokariot. Eukariot memiliki ukuran 10 sampai 100 nanometer atau hampir 10 kali lipat dibandingkan bakteri.

Organel pada eukariot lebih lengkap dibandingkan prokariot. Selain nukleus, eukariot juga memiliki mitokondria, retikulum endoplasma, badan golgi, dan peroksisom.

Eukariot menyimpan DNA pada inti sel, yaitu nukleus. Eukariot juga memiliki satu atau lebih vakuola, yaitu organel yang berfungsi untuk menyimpan nutrien dan limbah dari metabolisme dan penguraian di dalam sel.

Contoh organisme uniseluler tipe eukariot adalah kapang, khamir, protozoa, dan protista.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com