Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit Beserta Contohnya

Kompas.com - 04/06/2022, 07:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Berdasarkan kemampuannya menghantarkan listrik, larutan kimiawi terbagi menjadi dua, yaitu elektrolit dan nonelektrolit. Larutan elektrolit sangat penting dalam tubuh manusia. Kekurangan elektrolit akibat keringat berlebih yang parah bisa membahayakan jiwa. Kekurangan elektrolit dalam tubuh bisa membuat otot menjadi lemah dan detak jantung tinggi yang bisa memicu serangan jantung.

Larutan elektrolit

Larutan elektrolit adalah senyawa yang bisa mengalirkan listrik dalam bentuk larutan atau dalam bentuk lelehan. Bahkan, dalam percobaan, larutan ini bisa membuat lampu menyala atau menghasilkan gelembung gas di sekitar elektroda.

Untuk membuat listrik bisa mengalir, maka larutan ini harus memiliki ion yang bisa bergerak dari satu elektroda ke elektroda lainnya. Umumnya larutan elektrolit terbentuk ketika garam diletakan dalam zat pelarut, seperti air. Garam akan larut dalam air dan menjadi ion di dalam larutan.

Sedangkan terbentuknya gas pada lautan elektrolit adalah hasil dari proses elektrolisis. Percobaan ini dilakukan oleh Michael Faraday dan menunjukkan bahwa larutan elektrolit mengandung partikel bermuatan positif dan negatif. Gelembung akan muncul akibat ion positif mengalami reaksi reduksi dan ion negatif mengalami oksidasi.

Contoh larutan elektrolit adalah larutan asam klorida, larutan natrium hidroksida, dan larutan asam asetat.

Baca juga: Pengertian Larutan, Suspensi, dan Koloid

Larutan nonelektrolit

Larutan nonelektrolit merupakan kebalikan dari larutan elektrolit. Larutan nonelektrolit tidak bisa mengonduksi listrik. Ketika komponen nonelektrolit larut di dalam air, komponen ini tidak menghasilkan ion. Biasanya senyawa larutan nonelektrolit terikat dalam ikatan kovalen.

Glukosa dalam air membentuk larutan nonelektrolit karena walaupun gula bisa larut di dalam air, glukosa tidak melepaskan ion di dalam larutan. Oleh karena itu, glukosa tidak bisa mengalirkan listrik.

Pasangan larutan berikut yang tergolong nonelektrolit adalah urea dan gula. Sedangkan contoh larutan nonelektrolit lainnya adalah alkohol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com