Kompas.com - 29/05/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Pusat Riset Agroindustri Organisasi Riset Pertanian dan Pangan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menciptakan larutan pelapis atau coating buah dari produk turunan kelapa sawit.

Larutan pelapis itu dikembangkan untuk dapat memperpanjang umur simpan, serta kesegaran buah.

“Indonesia adalah salah satu produsen sawit terbesar di dunia di mana sebagian besar produknya diekspor dalam bentuk minyak kasar atau CPO (crude palm oil),” ujar Kepala Divisi Program Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Arfie Thahar dilansir dari laman resmi BRIN, Jumat (27/5/2022).

“Larutan coating buah ini adalah salah satu contoh pemanfaatan bahan turunan minyak sawit,” sambung dia.

Baca juga: Peneliti BRIN Kembangkan Radiasi Gamma, Untuk Apa?

Arfie berkata, dengan semakin banyaknya produk turunan sawit yang dimanfaatkan, maka nilai tambah buah-buahan akan semakin dinikmati oleh masyarakat di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Organisasi Riset Pertanian dan Pangan (ORPP) BRIN Puji Lestari menyampaikan riset terkait larutan pelapis buah dari turunan sawit, mendorongnya untuk memprogramkan kegiatan penelitian sawit dari tahapan on-farm dan off-farm.

Pihaknya juga akan melibatkan seluruh Pusat Riset yang ada di ORPP BRIN untuk mendukung penelitian tersebut.

“Salah satu tahapan riset coating buah adalah mendapatkan umpan balik dari masyarakat untuk menyempurnakan hasil risetnya. Walikota Batu menyambut baik kegiatan aplikasi coating ini, karena Kota Batu adalah salah satu produsen buah-buahan andalan Jawa Timur,” terang Puji.

Senada dengannya, Plt. Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi, Hendryan turut mendukung kegiatan yang dilakukan para peneliti di Pusat Riset Agroindustri.

Dirinya berharap penerapan coating bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, serta pelaku usaha buah dalam memperluas pasar sehingga dapat meningkatkan ekspor dan devisa negara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.