Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Mayapada Hospital

Mayapada Hospital merupakan salah satu rumah sakit swasta terbaik yang didirikan oleh Mayapada Healthcare Group. Bekerjasama dengan National Healthcare Group (NHG) Singapore, Mayapada Hospital menyediakan pelayanan kesehatan berstandar internasional di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Surabaya.

Nyeri pada Payudara tapi Tak Ada Benjolan, Pertanda Penyakit Apa?

Kompas.com - 28/05/2022, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com bernama MS, 54 tahun dari Ruteng Manggarai, menanyakan mengenai rasa nyeri pada area payudara yang dirasakannya:

"Saya terkadang merasa sakit di payudara,tetapi tidak ada benjolan,dan kadang sakitnya tidak menetap. Ini gejala sakit apa ya dok?"

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Paulus Dicky Dwi Nugroho, Sp.B, Dokter Spesialis Bedah dari Mayapada Hospital Surabaya. Berikut paparannya:

Halo Ibu MS,

Baca juga: Mastektomi dan Lumpektomi, Operasi Untuk Mengatasi Kanker Payudara

Nyeri merupakan salah satu tanda atau simtom atau gejala dari suatu gangguan atau kelainan pada tubuh kita, di mana kelainan itu bisa berupa keradangan, infeksi maupun tumor.

Rasa nyeri pada payudara dikenal dengan istilah mastalgia yaitu mengenali rasa nyeri dari yang dirasakan, seperti nyeri saat ditekan, berdenyut, menusuk, nyeri terbakar atau sesak pada jaringan payudara.

Berikut adalah beberapa tanda selain nyeri, yang merupakan ciri-ciri umum yang terjadi bersamaan dengan rasa sakit pada payudara, meskipun tidak ada benjolan.

• Payudara terlihat lebih besar dan berisi

• Payudara terasa bengkak, sensitif dan perih jika disentuh

• Payudara terasa seperti kesemutan

Baca juga: Cegah Kematian akibat Kanker Payudara dengan Melakukan Deteksi DIni

Terkait gejala yang dirasakan di atas, sebaiknya dilakukan konsultasi ke dokter dan ceritakan dengan detail bagaimana rasa nyeri yang dirasakan, ditunjang dengan pemeriksaan fisik dan radiologis yang meliputi Mammografi atau USG (Ultrasonografi) payudara.

Jika diperlukan, dapat ditambahkan pemeriksaan Patologi Anatomi atau Fine Needle Aspirasi Biopsi (FNAB) untuk menegakkan diagnosa.

Dan yang tidak kalah penting adalah mengetahui masalah kesehatan apa yang menyertai selain nyeri.

Rasa nyeri tidak selalu menandakan adanya gejala kondisi serius, namun jika nyeri berkepanjangan dan terasa mengganggu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter Bedah Umum setempat.

dr. Paulus Dicky Dwi Nugroho, Sp.B

Dokter Spesialis Bedah

Mayapada Hospital Surabaya

dr. Paulus Dicky Dwi Nugroho, Sp.B
Dokter Spesialis Bedah
Mayapada Hospital SurabayaMayapada Hospital dr. Paulus Dicky Dwi Nugroho, Sp.B Dokter Spesialis Bedah Mayapada Hospital Surabaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com