Kompas.com - 28/05/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Beberapa masyarakat ramai membahas terkait hujan yang masih terus turun walaupun sudah memasuki akhir Mei.

Bahkan, sejumlah wilayah terpantau masih mengalami hujan lebat yang disertai petir atau angin kencang.

Berdasarkan prediksi yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), awal musim kemarau di Indonesia cukup variatif waktu terjadinya.

Penjelasan BMKG tentang hujan di akhir Mei

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin menjelaskan, awal musim kemarau di beberapa daerah seperti wilayah Jakarta Utara, sebagian Jakarta Barat, Jakarta Timur, Bekasi, dan Tangerang bagian utara mengalami awal musim kemarau mulai Mei.

“Wilayah lainnya di bagian selatan diprediksikan masuk di awal Juni, sehingga sebagian wilayah Jabodetabek masih mengalami periode peralihan (pancaroba),” ujar Miming saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Angin Kencang 3 Hari ke Depan, Ini Daftar Wilayahnya

Beberapa hari terakhir ini, lanjut dia, terdapat beberapa faktor dinamika atmosfer yang cukup signifikan menimbulkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan.

“Sehingga hujan terjadi di beberapa wilayah yang notabene akan mulai memasuki awal musim kemarau,” paparnya.

Fenomena gelombang atmosfer MJO dan gelombang rossby cukup aktif di sekitar wilayah indonesia bagian tengah.

Pola belokan dan konvergensi angin juga terjadi di beberapa wilayah. Hal ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan untuk beberapa hari ke depan.

Miming menambahkan, diprediksikan potensi hujan ringan hingga sedang terkadang lebat durasi singkat masih dapat terjadi di beberapa wilayah untuk 3 hari ke depan.

Potensi hujan di wilayah Indonesia

Terkait potensi hujan, BMKG menjelaskan bahwa pusat tekanan rendah terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten, dari pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, dan dari pesisir utara Jawa Tengah hingga perairan sebelah selatan Jawa Barat.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.