Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi untuk Cegah Komplikasi pada Pasien di RS

Kompas.com - 25/05/2022, 16:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Digestif Indonesia (IKABDI), dr Nurhayat Usman, SpB-KBD, FINACS, mengungkapkan bahwa pemenuhan nutrisi bagi pasien sangatlah penting.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah komplikasi akibat malnutrisi, terutama pada pasien yang telah menjalani tindakan operasi di rumah sakit.

"Dukungan nutrisi sangat diperlukan untuk mencegah komplikasi dan pemulihan kesehatan secara menyeluruh dari pasien," ucap Nurhayat dalam media briefing daring, Selasa (24/5/2022).

Sebagai informasi, malnutrisi adalah kondisi ketika asupan nutrisi tidak sesuai dengan kebutuhan harian tubuh, baik kekurangan atau kelebihan makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak), maupun mikronutrien (vitamin dan mineral).

Baca juga: Nutrisi Parenteral, Pilihan untuk Membantu Pasien Defisit Nutrisi

Adapun komplikasi yang dapat terjadi pada pasien dengan malnutrisi di antaranya infeksi, ulkus dekubitus, patah tulang, komplikasi pada organ paru, ginjal, serta hati.

Menurutnya, para dokter perlu menyadari pasien yang berhubungan dengan tindakan bedah digestif adalah mereka yang mengalami gangguan asupan makanan.

Kondisi itu bisa disebabkan karena adanya penyakit yang memengaruhi penyerapan nutrisi.

Sehingga skrining pada pasien, lanjut dia, harus dilakukan untuk mengevaluasi tingkatan malnutrisi yang mungkin sudah dialami oleh pasien, sebelum mereka menjalani operasi.

"Dalam hal ini, pasien yang masuk harus kita skrining dulu, untuk melakukan suatu skrining terhadap pasien dengan gangguan saluran cerna," kata Nurhayat.

Dirinya juga menekankan, pasien yang mengalami malnutrisi tidak serta-merta tidak mau makan.

Sebab, kondisinya mungkin disebabkan karena tidak bisa makan akibat penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan.

"Apabila kita sudah melakukan skrining pada pasien, kita harus melakukan koreksi dalam arti kata jangan sampai pasien dilakukan tindakan operasinya dalam kondisi malnutrisi," paparnya.

"Hal ini akan menyebabkan gangguan pada perawatan, rawat inap yang lama, atau komplikasi," sambung dia.

Baca juga: Ketahui Kandungan Nutrisi Madu hingga Dosis Tepat untuk Tingkatkan Imunitas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com