Kompas.com - 25/05/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Cleopatra dikenal sebagai ratu Mesir yang memiliki kecantikan tiada tanding. Sampai-sampai kecantikannya itu berhasil memikat Julius Caesar dan kemudian Marc Antony.

Namun tak hanya kecantikan, peneliti berpendapat jika pesona Cleopatra juga didukung dengan parfum yang ia kenakan. Apalagi, Mesir terkenal di dunia dengan aroma-aroma memikat yang dihasilkan para ahli pembuatnya.

Dan kini peneliti pun, tertarik untuk membuat ulang parfum yang dipakai oleh Cleopatra.

Peneliti berniat mereplikasi parfum itu berdasarkan buku catatan yang memuat resep pembuatannya.

"Dasar untuk membuat parfum dan salep Mesir adalah minyak nabati atau lemak hewani," tulis catatan itu.

Baca juga: Puluhan Mumi Ditemukan Saat Menggali Makam Cleopatra di Mesir

Selanjutnya seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (24/5/2022) aroma diciptakan melalui asap dari pembakaran damar wangi, kulit kayu, dan rempah-rempah, seduhan resin atau bunga.

Namun arti sebenarnya dari hieroglif yang digunakan untuk mencatat resep-resep itu, sayangnya telah hilang seiring waktu.

Peneliti menyebut mengetahui nama-nama minyak yang digunakan dalam upacara pemakaman dan ritual kuil, tetapi komposisinya tak pasti.

Catatan Yunani dan Romawi tentunya lebih mudah untuk diterjemahkan, tetapi dianggap kurang tepat karena penulisnya biasanya orang luar, bukan pembuat parfum.

Untung saja mulai ada titik terang saat peneliti menemukan pabrik parfum di Thmouis.Wadah parfum keramik begitu melimpah di situs tersebut, sehingga para arkeolog berpikir wadah digunakan untuk tujuan komersial bukan dipakai sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.