Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2022, 20:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang beragam. Bahkan, tidak sedikit spesies yang merupakan endemik atau hanya tumbuh di Indonesia. Begitu pula Sumatera. Pulau ini memiliki banyak tumbuhan endemik yang hanya ditemukan di sana.
Berikut ini adalah daftar tumbuhan endemik Sumatera.

Anggrek Tien Soeharto

Salah satu tumbuhan endemik yang ada di pulau Sumatera adalah anggrek Tien Soeharto atau anggrek Hartinah. Anggrek ini memiliki nama Latin Cymbidium hartinahianum. Anda bisa menemukan anggrek langka ini di Kabupaten Tapanuli Utara.

Anggrek ini pertama kali ditemukan oleh Rusdi E. Nasution pada tahun 1976. Nama anggrek Tien Soeharto diberikan karena jasa-jasa beliau untuk mengembangkan dunia anggrek di Indonesia.

Bunga bangkai raksasa

Bunga bangkai raksasa juga merupakan tumbuhan endemik Sumatera. Bunga ini juga disebut dengan nama kibut. Nama ilmiah bunga bangkai raksasa adalah Amorphophallus titanum.

Sesuai namanya, bunga ini khas karena ukurannya yang sangat tinggi dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Walaupun sama-sama bernama bunga bangkai, bunga ini berbeda dengan bunga Raflessia arnoldii.

Baca juga: 5 Tumbuhan Endemik Hutan Amazon, Banyak yang Jadi Obat Tradisional

Kantung semar

Kantung semar adalah tanaman karnivora. Tumbuhan ini memiliki 103 spesies berbeda. Setidaknya terdapat 37 spesies yang tumbuh di Sumatera dan beberapa di antaranya adalah endemik Sumatera. Namun, nama spesies kantung semar ini dirahasiakan karena termasuk tumbuhan yang paling langka di Indonesia dan menjadi perburuan.

Daun payung

Tumbuhan daun payung banyak ditemukan di Pulau Sumatera. Tumbuhan ini memiliki daun yang sangat besar dan kuat yang menyerupai payung. Bahkan, masyarakat sekitar banyak menggunakan daun payung sebagai bahan pembuatan atap rumah.

Itu dia beberapa tumbuhan endemik Sumatera. Tumbuhan mana yang pernah Anda temui?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com