Kompas.com - 22/05/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Penyakit hepatitis akut misterius pada anak yang menyebar di banyak negara, diduga kuat diakibatkan infeksi adenovirus. Hal itu merupakan hipotesis utama dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) saat ini.

Wakil direktur CDC untuk penyakit menular, Dr Jay Butler menyampaikan bahwa sekitar setengah dari anak-anak yang didiagnosis hepatitis akut misterius dalam beberapa bulan terakhir, terinfeksi adenovirus.

Sebagai informasi, adenovirus adalah jenis virus yang menyebabkan flu, dan batuk. Kendati demikian, CDC akan terus menyelidiki penyebab pasti dari penyakit tersebut.

“Bukti semakin bertambah bahwa ada peran adenovirus, khususnya adenovirus-41,” ujar Butler.

Baca juga: Penyebab Hepatitis Akut Misterius Anak Diduga Disebabkan Adenovirus, Virus Apa Itu?

Dilansir dari Reuters, Sabtu (21/5/2022) hepatitis akut yang dicurigai disebabkan adenovirus-41 secara khusus dikaitkan dengan anak-anak yang menderita gangguan kekebalan. Namun, beberapa kasus yang pertama kali dilaporkan ke CDC tidak memiliki kondisi seperti itu.

CDC juga tengah melakukan penyelidikan kemungkinan adanya keterkaitan infeksi Covid-19, patogen, obat-obatan, dan faktor risiko lainnya dengan hepatitis akut yang masih belum diketahui penyebabnya.

Sejauh ini, Amerika Serikat melaporkan total enam kematian yang diduga disebabkan karena hepatitis akut berat. Sehingga, mereka turut mendalami apakah ada pola yang terlihat dengan meningkatkan deteksi.

Pada April 2022 lalu, CDC telah mengeluarkan peringatan bagi para dokter untuk mewaspadai anak-anak dengan hepatitis, karena berisiko menyebabkan kerusakan hati, dan gagal hati.

Butler memaparkan, bahwa langkah-langkah pengendalian pandemi Covid-19 yang selama ini dilakukan mungkin dapat membatasi paparan adenovirus.

Artinya, masyarakat perlu kembali menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, dan upaya lainnya yang sudah mulai dilonggarkan banyak negara.

Dibandingkan dengan tingkat pra-pandemi, CDC berkata belum melihat peningkatan signifikan pada kasus hepatitis akut misterius. 

Meski begitu, mereka terus menyelidiki kasus dengan ahli di Eropa, khususnya Inggris yang menjadi negara pertama di mana penyakit tersebut pertama kali dideteksi.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius Masuk Kategori Kejadian Luar Biasa, Apa Bedanya dengan Pandemi?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.