Perkuat Informasi Maritim di Perairan Indonesia, BMKG Lepaskan Drifter dan Floats di Selat Makassar

Kompas.com - 22/05/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Untuk meningkatkan informasi maritim yang akurat, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah melakukan pelepasan drifter dan floats di Selat Makassar.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo mengatakan, sampai kapan pun layanan informasi cuaca maritim akan sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas kehidupan kita.

Mulai dari aktivitas di sektor transportasi, perikanan, pertambangan, mitigasi bencana, pariwisata dan lain sebagainya.

“Sebagai upaya peningkatan akurasi informasi cuaca maritim, BMKG telah melepas Drifters dan Floats pada 3 titik di Selat Makassar,” kata Eko kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2022).

Baca juga: Cuaca Panas Indonesia, Pantau Suhu Maksimum Harian Lewat Link Ini

Sebagai informasi, Drifter atau drifting buoy adalah alat yang mengapung di permukaan laut untuk mengukur cuaca maritim secara otomatis untuk parameter arah dan kecepatan arus, suhu permukaan laut, tekanan salinitas dan lain-lain.

Sedangkan, floats adalah alat yang secara otomatis akan naik-turun di laut. Alat ini akan mengukur profil kedalaman air laut mencapai kedalaman 2000 meter.

Alat tersebut kemudian akan kembali muncul ke permukaan setiap 15 hari sekali untuk mengirimkan data melalui satelit.

BMKG melalui program Strenghtening tahap II Proyek Maritime Meteorological System-I (STR-II MMS-1) melakukan penguatan jaringan observasi telah melepaskan 15 unit drifters dan 10 unit floats hingga bulan Mei 2022 ini.

Baca juga: Waspada 2 Bibit Siklon Tropis Berpotensi Picu Cuaca Ekstrem

Titik pelepasan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Pelepasan sebelumnya telah dilakukan di Perairan Selat Karimata bagian Selatan sebanyak 3 (tiga) unit Drifters dan 2 (dua) unit Floats, Perairan Kepulauan Riau (Laut Natuna) sejumlah 3 (tiga) unit Drifters dan 3 (tiga) unit Floats serta di Laut Banda 3 (tiga) unit Drifters dan 2 (dua) unit Floats.

“Ke depan BMKG akan terus meningkatkan kerapatan jaringan observasi yang akan menginformasikan parameter meteorologi di perairan yang diamati secara real time,” jelasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.