Kompas.com - 22/05/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin bisa dengan mudah mengenali teman melalui suara atau parfum yang mereka kenakan.

Namun pertanyaannya, bagaimana cara hewan seperti lumba-lumba hidung botol mengenali kawanannya?

Sebuah studi yang dipublikasikan di Science Advances, mengungkapkan fakta menarik mengenai cara lumba-lumba hidung botol ini mengetahui keberadaan sang teman.

Baca juga: Studi Ungkap Lumba-lumba Ubah Volume Suara untuk Berkomunikasi

Seperti dikutip dari Phys, Jumat (20/5/2022) peneliti menyebut bahwa lumba-lumba hidung botol mengenali teman mereka dari kejauhan melalui rasa urine dan juga siulan khasnya.

"Lumba-lumba menjaga mulutnya tetap terbuka dan mengambil sampel urine lebih lama dari lumba-lumba yang dikenalnya daripada yang tak dikenalnya," tulis Jason Bruck, penulis pertama studi dari Stephen F. Austin State University di Texas.

Temuan ini pun menjadi hal yang penting, karena menjadi bukti vertebrata pertama yang melakukan pengenalan sosial melalui indra perasa.

Menurut peneliti penggunaan rasa bisa sangat bermanfaat di laut terbuka, karena gumpalan urine bertahan beberapa saat setelah seekor hewan pergi.

Hal tersebut membantu lumba-lumba mengetahui kehadiran individu lain, meski tak memberikan sinyal kehadirannya secara vokal.

Dalam studi ini, tim peneliti memberikan delapan lumba-lumba dengan paparan sampel urine dari individu yang dikenal dan tak dikenal.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka menghabiskan waktu sekitar tiga kali lebih lama untuk mengambil sampel urine dari lumba-lumba yang mereka kenal.

Pemeriksaan alat kelamin, di mana lumba-lumba mengunakan rahangnya untuk menyentuh alat kelamin individu lain, memang merupakan hal yang biasa dalam interaksi sosial mereka. Perilaku itu memberikan kesempatan yang baik untuk mempelajari rasa urine lumba-lumba lain.

Baca juga: Bagaimana Cara Lumba-lumba Bernapas?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.