Kompas.com - 21/05/2022, 21:00 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Ikan gurame merupakan ikan yang sering dijadikan sebagai hidangan nikmat dan bernutrisi. 

Ikan gurame hidup di air tawar. Di alam liar, ikan gurame bisa ditemukan di rawa, danau, dan waduk.

Sebenarnya, ikan gurame tak hanya hidup di air tawar. Ikan gurame juga bisa hidup di perairan payau.

Biasanya, ikan gurame tumbuh dan berkembangbiak dengan baik di suhu 24—28°C. 

Jika suhu di tempat hidupnya berada di bawah 15°C, pertumbuhan ikan gurame dapat terhambat, termasuk proses reproduksinya.

Baca juga: 3 Manfaat Ikan Sarden Kalengan untuk Kesehatan

Fakta-fakta ikan gurame

Dilansir dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng, berikut adalah fakta-fakta tentang ikan gurame:

1. Gurame memiliki alat pernapasan tambahan berupa labirin yang membuatnya dapat bertahan di kondisi perairan yang minim. 

2. Gurame dikenal sebagai ikan yang malas, tetapi ikan ini bisa bergerak dengan cepat jika ada benda yang dianggap sebagai mangsanya.

3. Gurame merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Namun, sejak larva, gurame lebih menyukai pakan alami seperti cacing sutera, rotifer, dan infusaria. Ikan gurami dewasa biasanya memakan tumbuh-tumbuhan air.

4. Gurame biasanya menghasilkan telur di sepanjang musim kemarau, tetapi gurame yang dibudidayakan dapat bertelur sepanjang tahun sehingga tidak bergantung pada musim. 

Baca juga: Nelayan Tangkap Ikan Pari Air Tawar Raksasa di Sungai Mekong, Seperti Apa?

5. Ikan gurame yang siap bertelur memiliki kebiasaan membuat sarang dari ijuk atau rumput, yang kemudian disembunyikan di antara tanaman. Setelah proses bertelur selesai, induk jantan akan pergi dan sarang yang sudah berisi telur dijaga oleh induk betina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.