Kompas.com - 21/05/2022, 11:02 WIB


KOMPAS.com - China menyebut akan meluncurkan teleskop luar angkasa berukuran raksasa di tahun 2023 mendatang.

Alat ini digadang-gadang menjadi teleskop yang setara dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble, milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Dilansir dari Space, Kamis (19/5/2022) teleskop luar angkasa China tersebut nantinya digunakan untuk mengamati galaksi yang berjarak sangat jauh, dan mengungkapkan misteri dari materi maupun energi gelap.

Adapun teleskop itu bernama Chinese Space Station Telescope (CSST), yang merupakan observatorium ruang angkasa optik dan ultraviolet dengan memanfaatkan lensa berdiameter sepanjang 2 meter.

Baca juga: Akhirnya, Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA Selesai Diperbaiki

Dengan demikian, lensa teleskop luar angkasa milik China Space Station itu akan membuatnya sebanding dengan Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA yang telah berkontribusi dalam dunia astronomi.

Kendati resolusi teleskop buatan China serupa dengan Hubble, bidang pandang CSST diklaim lebih besar.

Dipaparkan Wakil Direktur di National Astronomical Observatories of China, Liu Jifeng, bidang pandang CSST bahkan 350 kali lebih besar dibandingkan Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Tak hanya sampai di situ saja, CSST disebut mampu mengamati setidaknya 40 persen wilayah luar angkasa dengan kamera beresolusi 2,5 miliar piksel yang dimilikinya.

China akan luncurkan teleskop luar angkasa yang diklaim sebanding atau bahkan melebihi kemampuan Teleskop Luar Angkasa milik NASA.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa Hubble Deteksi Uap Air di Satelit Jupiter

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.