Kompas.com - 21/05/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Beberapa hewan diketahui memiliki reaksi tertentu ketika salah satu anggota kawanannya mati, seperti lumba-lumba, kera, dan juga gajah. Kali ini, sekelompok peneliti mencoba mencari tahu bagaimana gajah bereaksi terhadap kematian gajah lain.

Tim peneliti dari Indian Institute of Science pun berusaha mengetahui bagaimana respon gajah liar ketika salah satu anggota kawanan mereka mati.

Uniknya, mereka melakukan studi ini dengan cara menganalisis video YouTube yang diambil oleh penggemar gajah amatir.

Seperti dikutip dari Phys, Jumat (20/5/2022) peneliti mencatat bahwa sedikit penelitian yang dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana gajah liar merespon ketika salah satu dari mereka mati.

Tangkapan layar respon gajah terhadap kawanan mereka yang mati Credit: Royal Society Open Science (2022) Tangkapan layar respon gajah terhadap kawanan mereka yang mati

Baca juga: Studi: Belalai Gajah Termasuk Bagian Tubuh Hewan Paling Sensitif

Selain itu peneliti juga mencatat bahwa sulit untuk menangkap bukti video yang menunjukkan reaksi gajah terhadap kematian.

Peneliti tak bisa begitu saja menjelajah alam liar dan mengikuti gajah sampai salah satu dari mati. Metode ini tentunya akan memerlukan banyak waktu.

Sebaliknya, para peneliti menduga bahwa orang lain telah menyaksikan peristiwa tersebut secara tak sengaja dan banyak dari mereka mungkin telah merekam perilaku tersebut menggunakan gawai mereka lalu mengunggahnya di media sosial, terutama YouTube.

Untuk mengetahui bagaimana gajah liar bereaksi terhadap kematian, peneliti pun melakukan sejumlah pencarian besar di YouTube menggunakan kata kunci seperti 'kematian gajah'.

Baca juga: Usai Melahirkan, Tak Ada Istirahat bagi Ibu Gajah Baru

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.