Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Gajah Liar Bereaksi terhadap Kematian?

Kompas.com - 21/05/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Beberapa hewan diketahui memiliki reaksi tertentu ketika salah satu anggota kawanannya mati, seperti lumba-lumba, kera, dan juga gajah. Kali ini, sekelompok peneliti mencoba mencari tahu bagaimana gajah bereaksi terhadap kematian gajah lain.

Tim peneliti dari Indian Institute of Science pun berusaha mengetahui bagaimana respon gajah liar ketika salah satu anggota kawanan mereka mati.

Uniknya, mereka melakukan studi ini dengan cara menganalisis video YouTube yang diambil oleh penggemar gajah amatir.

Seperti dikutip dari Phys, Jumat (20/5/2022) peneliti mencatat bahwa sedikit penelitian yang dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana gajah liar merespon ketika salah satu dari mereka mati.

Tangkapan layar respon gajah terhadap kawanan mereka yang mati Credit: Royal Society Open Science (2022) Tangkapan layar respon gajah terhadap kawanan mereka yang mati

Baca juga: Studi: Belalai Gajah Termasuk Bagian Tubuh Hewan Paling Sensitif

Selain itu peneliti juga mencatat bahwa sulit untuk menangkap bukti video yang menunjukkan reaksi gajah terhadap kematian.

Peneliti tak bisa begitu saja menjelajah alam liar dan mengikuti gajah sampai salah satu dari mati. Metode ini tentunya akan memerlukan banyak waktu.

Sebaliknya, para peneliti menduga bahwa orang lain telah menyaksikan peristiwa tersebut secara tak sengaja dan banyak dari mereka mungkin telah merekam perilaku tersebut menggunakan gawai mereka lalu mengunggahnya di media sosial, terutama YouTube.

Untuk mengetahui bagaimana gajah liar bereaksi terhadap kematian, peneliti pun melakukan sejumlah pencarian besar di YouTube menggunakan kata kunci seperti 'kematian gajah'.

Baca juga: Usai Melahirkan, Tak Ada Istirahat bagi Ibu Gajah Baru

Halaman:
Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com