Kompas.com - 20/05/2022, 12:02 WIB


KOMPAS.com- Bayi tawon yang sedang tumbuh berkembang punya nafsu makan yang luar biasa besar. Saat persediaan makan makin menipis, bayi tawon ini bisa melakukan apapun, termasuk berperilaku kanibal dengan memakan saudara mereka yang ada didekatnya.

Praktik kanibalisme bayi tawon terhadap saudaranya tersebut diungkap oleh para ilmuwan baru-baru ini.

Mereka menyebut perilaku itu ternyata umum ditemukan pada larva spesies Isodontia harmandi, sejenis tawon soliter yang tak hidup bersama dalam sarang.

Dikutip dari Live Science, Kamis (19/5/2022) betina yang akan bertelur akan membuat sarang di rongga tanaman yang terbuat secara alami dan bertelur sekitar selusin telur di tubuh serangga lumpuh yang kemudian dikonsumsi larva saat menetas.

Baca juga: Tawon Jantan Rela Mati Usai Lakukan Perkawinan dengan Pasangannya

Peneliti pun mengamati setelah bertelur, induk tawon kemudian memasukkan lebih banyak serangga yang merupakan makanan larva ke dalam sarang dan menutup pintu masuknya dengan potongan lumut.

Lebih lanjut, setelah bayi tawon menetas dan menggerogoti serangga yang mulai habis, ternyata peristiwa yang lebih mengerikan baru terungkap. Beberapa larva mulai melahap saudara mereka.

Hasil tersebut merupakan hasil studi yang dilakukan antara 2010 dan 2015. Dalam kurun waktu itu, peneliti mengumpulkan dan menganalisis lebih dari 300 sarang I.harmandi di Jepang tengah.

Peneliti kemudian menghitung jumlah telur, larva, dan kepompong untuk menentukan ukuran induk dan kemudian merekam status induk tawon selama tahap perkembangan yang berbeda.

Mereka mengecualikan sarang di mana larva atau bayi-bayi tawon yang dibunuh oleh serangan predator atau faktor lingkungan seperti jamur.

Baca juga: 5 Fakta Tawon Ndas yang Harus Diketahui, dari Waktu Aktif sampai Feromon

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.