Kompas.com - 19/05/2022, 19:32 WIB


KOMPAS.com - Film horor KKN di Desa Penari yang tayang beberapa waktu lalu, ramai ditonton oleh masyarakat di Indonesia. Sejak film dirilis pertama kali pada 30 April 2022, jumlah penontonnya dikabarkan sudah tembus hingga 5 juta orang.

Jumlah tersebut boleh dikatakan cukup tinggi, mengingat film itu diangkat dari utas dengan judul sama yang pernah viral di media sosial.

Tak hanya film KKN di Desa Penari saja, film horor lain bahkan video yang dikemas dengan tema mistis pun banyak menarik perhatian masyarakat, khususnya pengguna sosial media.

Bila dilihat di platform YouTube, channel yang mengangkat isu horor pun memiliki banyak penonton maupun subscriber.

Padahal, tayangan atau film horor cenderung membuat orang merasa ketakutan setelah menontonnya.

Dilansir dari laman Harvard Business Review, Kamis (19/5/2022) sebenarnya rasa takut yang dirasakan manusia bukanlah emosi positif. Meski demikian, banyak orang yang justru merasa tertarik dan ketagihan untuk menonton film horor.

Baca juga: Ramai Film KKN Desa Penari, Kenapa Banyak Orang Suka Nonton Horor?

Lantas, kenapa orang suka nonton film horor seperti film KKN di Desa Penari?

Dijelaskan associate professor di Johns Hopkins Carey Business School, Johns Hopkins University Haiyang Yang, dan assistant professor di Nanyang Business School, Nanyang Technological University Kuangjie Zhang, salah satu alasan kita senang menonton horor adalah untuk mendapatkan rangsangan.

Film horor akan merangsang mental maupun fisik dalam dua bentuk, yakni negatif dan positif.

Rangsangan negatif dapat berupa ketakutan atau kecemasan, sebaliknya rangsangan positif dapat berbentuk kegembiraan.

Mereka berkata menonton video horor secara bersamaan, mengaktifkan kedua jenis rangsangan sekaligus, di mana rasa senang meningkat ketika pada saat yang paling menakutkan.

"Biokimia di dalam tubuh kita juga berubah saat kita menonton horor. Ketakutan dapat memicu pelepasan adrenalin, menghasilkan sensasi yang meningkat dan energi yang melonjak," ujar keduanya.

KKN di Desa Penari adalah salah satu film horor Indonesia yang tengah populer di kalangan masyarakat.

Baca juga: Senang Menonton Film Horor Bisa Sebabkan Gangguan Mental

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.