Kompas.com - 18/05/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengizinkan pelonggaran pemakaian masker di Indonesia. Kini, masyarakat diperbolehkan untuk tidak memakai masker di ruangan terbuka atau outdoor.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," kata Jokowi dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Kendati demikian, dia menggarisbawahi, bahwa masyarakat masih wajib memakai masker ketika berkegiatan di ruang tertutup serta transportasi publik.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia (lanjut usia), atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas," tutur Jokowi.

Baca juga: 4 Negara Ini Cabut Aturan Pembatasan Covid-19 hingga Penggunaan Masker

Aturan yang sama pun berlaku bagi masyarakat dengan gejala batu dan pilek, yang tetap diwajibkan menggunakan masker saat beraktivitas.

Adapun kebijakan pelonggaran pemakaian masker ini, lanjut Jokowi, berhubungan dengan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

Pelonggaran penggunaan masker harus disikapi hati-hati

Terkait dengan diizinkannya untuk tak wajib pakai masker di luar ruangan, Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman menilai, kebijakan ini harus diambil secara hati-hati.

"Mengenai penggunaan masker ini kita harus sangat hati-hati, terutama menarasikan ini. Dalam artian, jangan sampai membangun euforia atau percaya diri berlebihan yang akhirnya membuat kita abai, dan merugikan kita sendiri," terang Dicky saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Padahal, kata dia, penggunaan masker adalah salah satu perilaku yang mudah, murah, dan efektif dalam mencegah penularan penyakit yang ditularkan melalui udara seperti virus corona.

Penurunan risiko penularan ini juga akan lebih baik, ketika cakupan vaksinasi di berbagai daerah meningkat, yang bisa memperbaiki situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Kombinasi ini ditambah lagi dengan adanya protokol kesehatan seperti perbaikan kualitas udara dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang baik, akan menjadi satu upaya yang sangat jelas berkontribusi pada keluarnya kita dari krisis pandemi," imbuhnya.

Baca juga: Dari Berbagai Jenis Masker, Ini yang Terbaik Mencegah Paparan Omicron

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.