[POPULER SAINS] Pantau Suhu Maksimum Cuaca Panas di Indonesia | Letusan Gunung Tonga Ledakan Terbesar | Makan Nanas Bikin Mulut Gatal

Kompas.com - 18/05/2022, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Cuaca panas di Indonesia masih melanda sejumlah wilayah. Informasi terkait pantauan suhu maksimum yang dapat diakses masyarakat menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa (17/5/2022).

Beberapa waktu terakhir ini, cuaca panas masih dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia.

Fenomena cuaca panas yang terjadi di siang hari dipicu oleh posisi semu matahari yang berada di wilayah utara ekuator.

Selain informasi tentang cuaca panas di Indonesia, berita populer Sains lainnya juga tentang laporan studi letusan Gunung Tonga bawah laut.

Studi baru mengungkapkan bahwa gunung berapi bawah laut yang meletus beberapa waktu lalu, ledakan dari letusan gunung api ini merupakan yang terbesar di atmosfer.

Mengapa makan nanas dapat menyebabkan mulut terasa gatal, menjadi salah satu informasi populer Sains.

Cuaca panas dan gerah juga tidak hanya dirasakan di siang hari. Di malam hari suhu udara panas juga dikeluhkan masyarakat.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (17/5/2022) hingga Rabu (18/5/2022).

Pantau suhu maksimum cuaca panas di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menegaskan bahwa cuaca panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia bukanlah fenomena gelombang panas.

Fenomena cuaca panas atau suhu udara terik yang terjadi saat siang hari dipicu oleh posisi semu matahari yang berada di wilayah utara ekuator, mengindikasikan sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

Artinya, tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

Selain itu, dominasi cuaca cerah dan tingkat perawanan yang rendah dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi. Hal ini menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan masyarakat menjadi cukup terik saat siang hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.