Kompas.com - 17/05/2022, 12:02 WIB

KOMPAS.com - Ikan pari raksasa baru-baru ini berhasil ditangkap oleh nelayan di Sungai Mekong, Kamboja. Ikan pari air tawar itu memiliki berat 181 kg dan ditemukan usai memakan umpan ikan dari pancingan.

Adapun ikan tersebut diidentifikasi sebagai pari air tawar raksasa (Urogymnus polylepis), yang secara tidak sengaja ditangkap nelayan pada 5 Mei 2022 lalu di provinsi Stung Treng di timur laut Kamboja.

Setelahnya, para nelayan menghubungi anggota tim dari proyek Wonders of the Mekong, yakni kelompok konservasi di University of Nevada, Reno (UNR) yang bekerja sama dengan otoritas perikanan setempat.

Mereka membantu melepaskan tali pancing, dan mengukur pari sebelum melepaskannya kembali ke sungai.

Seperti dilansir dari Live Science, Jumat (13/5/2022) perwakilan UNR mengungkapkan bahwa ikan pari air tawar raksasa itu memiliki lebar 1,9 meter, dan panjang hingga 4 meter.

Baca juga: Unik dan Langka, Ada Ikan Pari Manta Berwarna Pink di Australia

Ekor ikan pari raksasa yang berbisa dan berduri itu mencapai 15 cm panjangnya. Laporan sebelumnya bahkan menyebut ikan air tawar raksasa ini bisa tumbuh lebih besar dari yang ditemukan nelayan.

"Ikan pari air tawar raksasa adalah spesies ikan pari terbesar di dunia. kan pari air tawar raksasa kemungkinan bisa tumbuh lebih besar dari ini," papar ahli biologi ikan UNR sekaligus direktur proyek Wonders of the Mekong, Zeb Hogan.

Sayangnya, hanya sedikit informasi yang diketahui sejauh ini mengenai pari air tawar raksasa, lantaran hasil tangkapannya belum pernah dilaporkan.

Akibatnya, para ahli sulit untuk menentukan tren populasi ikan pari air tawar raksasa yang sebenarnya.

Tak hanya ikan pari air tawar raksasa Sungai Mekong, terdapat pula jenis ikan raksasa lain yang hidup di sungai yang mengalir di China, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam ini, yaitu ikan lele raksasa Mekong (Pangasianodon gigas) yang juga pernah tertangkap nelayan setempat.

Baca juga: Langka, Ikan Pari di Kebun Binatang Australia Melahirkan Tanpa Ayah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.