Kompas.com - 14/05/2022, 12:02 WIB


KOMPAS.com- Hepatitis adalah penyakit peradangan hati. Sampai saat ini para ahli di berbagai negara masih terus menyelidiki penyebab utama penyakit Hepatitis Akut Misterius anak.

Hal ini dikarenakan, agen infeksi yang paling sering terlibat atau virus yang bertanggung jawab pada hepatitis A, B, C, D dan E, tidak ditemukan pada pasien penderita Hepatitis Akut Misterius ini.

Dugaan kuat saat ini adalah hepatitis akut misterius anak disebabkan oleh adenovirus, meskipun hal ini belum ditegakkan secara pasti dan masih terus dalam penyelidikan oleh para ahli.

Hepatitis akut misterius ini banyak menyerang anak-anak sampai menyebabkan kematian di berbagai negara di dunia.

Usai dilaporkan pertama kali di Inggris Raya pada 5 April 2022 dengan kejadian 10 kasus hepatitis akut misterius anak-anak. Penyakit tersebut, saat ini telah ditemukan pula di Eropa, Amerika, Pasifik Barat dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kendati masih banyak yang belum diketahui terkait Hepatitis Akut Misterius pada anak-anak ini dan penyakit hepatitis ini berbeda dari yang ada sebelumnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun telah mengeluarkan panduan dalam tata laksana untuk perawatan pasien yang terinfeksi.

Baca juga: 4 Langkah Penanganan Hepatitis Akut Misterius pada Anak

Dalam panduan yang dikeluarkan oleh IDAI, tata laksana terhadap penyakit misterius pada anak ini dipisah menjadi dua mekanisme peruntukan yakni, tata laksana hepatitis akut berat dan gagal hati akut (hepatitis fulminan).

Kategori pasien hepatitis akut berat adalah mereka yang kesadarannya menurun ataupun tidak, tetapi nilai International Normalized Ratio (INR)-nya tidak lebih dari 2.

Sedangkan, pasien dikategorikan hepatitis fulminan jika mereka memiliki kesadaran yang menurun ataupun tidak, tetapi INR-nya melebihi (>) 2.

Sebagai informasi, INR adalah rasio normal berstandar internasional rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang sering digunakan untuk pengukuran masa protombin (PT atau Parameter Prothrombin) dan sebagai pedoman terapi antikoagulan.

Berikut tata laksana perawatan bagi pasien hepatitis akut misterius pada anak di Indonesia saat ini.

Tata laksana perawatan hepatitis akut berat

Ada beberapa tindakan atau tatalaksana yang dilakukan terhadap pasien penderita hepatitis akut berat.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius Serang Anak-anak, Pahami Gejala dan Antisipasinya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.