Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2022, 19:03 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com - Saat sebuah bintang masif mencapai akhir hidupnya, akan meledak dalam ledakan cahaya yang cemerlang atau dikenal sebagai supernova. Teleskop luar angkasa Hubble NASA berhasil menemukan sebuah bintang yang selamat dari peristiwa supernova.

Menggunakan Wide Field Camera 3 Hubble Space Telescope, para peneliti dapat mempelajari supernova SN 2013ge dalam sinar ultraviolet. Ditemukan cahaya dari ledakan bintang terang atau supernova telah memudar sejak 2016.

Menurut para ilmuwan, sumber lain dari sinar ultraviolet terdekat telah mempertahankan kecerahannya dari waktu ke waktu, menunjukkan bintang SN 2013ge memiliki pendamping biner yang masih hidup.

“Ini adalah saat yang kami tunggu-tunggu, akhirnya melihat bukti nenek moyang sistem biner dari supernova yang sepenuhnya dilucuti,” ujar astronom dari Space Telescope Science Institute di Maryland dan peneliti utama Ori Fox seperti dikutip dari Space, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Teleskop Hubble Deteksi Bintang Terjauh, Jaraknya 28 Miliar Tahun Cahaya

SN 2013geSpace.com SN 2013ge

Fox menambahkan, penelitian bertujuan untuk melihat sistem yang sebenarnya.

Menggunakan data yang ada, para astronom mampu mengidentifikasi tanda-tanda berbagai elemen dalam ledakan supernova.

Anehnya, tak ada hidrogen yang terdeteksi di wilayah bintang SN 2013ge. Bintang selamat dari ledakan supernova ini membuat para ilmuwan menebak-nebak bagaimana gas tersebut bisa dihilangkan sebelum ledakan terjadi.

Selain itu, pengamatan membantu menjelaskan bagaimana beberapa bintang dilucuti dari pra-supernova hidrogennya, yaitu hasil dari bintang pendamping yang menyedot gas dari pasangannya sebelum meledak.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak bukti berbeda semakin menguatkan bahwa supernova yang dilucuti kemungkinan terbentuk dalam biner.

Baca juga: Nebula Kupu-kupu, Pemandangan Unik Ledakan Bintang Ditangkap Nasa Hubble

"Tapi kami belum benar-benar melihat pendampingnya. Begitu banyak mempelajari ledakan kosmik seperti ilmu forensik, mencari petunjuk dan melihat teori apa yang cocok," tutur Maria Drout, seorang astronom di tim dari Universitas Toronto di Kanada.

Kendati begitu, teleskop Hubble telah membantu para peneliti melihat hal-hal tersebut secara langsung.

Saat ini, para astronom dapat menggunakan pendamping SN 2013ge yang masih hidup untuk lebih memahami karakteristik bintang meledak, yang sejak itu menjadi objek kompak, seperti bintang neutron atau lubang hitam.

Kemungkinan, bintang pendamping akan mengalami nasib serupa, mengingat bintang tersebut juga merupakan bintang masif.

Baca juga: Astronom Temukan Ledakan Bintang Tipe Baru, Disebut Micronova

Para peneliti akan dapat melacak evolusi bintang yang masih hidup. Tergantung pada jarak antara bintang pendamping asli, pasangan yang masih hidup akan terlempar keluar dari sistem.

Hal ini dapat membantu menjelaskan mengapa supernova soliter diamati di seluruh alam semesta atau terus mengorbit pendampingnya sebelum bergabung untuk menciptakan gelombang gravitasi. Namun, peristiwa seperti itu tidak akan terjadi selama satu miliar tahun.

"Memahami siklus hidup bintang masif sangat penting bagi kami karena semua elemen berat ditempa di inti dan melalui supernova," Alex Filippenko, rekan penulis studi dan astronom di University of California di Berkeley.

Unsur-unsur itu, lanjut dia, membentuk sebagian besar alam semesta yang dapat diamati, termasuk kehidupan.

Sebagai informasi, temuan para peneliti ini telah diterbitkan 13 April di The Astrophysical Journal Letters.

Baca juga: Bintang Paling Panas Memiliki Suhu Permukaan 35 Kali Lebih Tinggi dari Matahari, Apa Itu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Space
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com