Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Anak Setelah Lebaran, Gangguan Saluran Cerna hingga Demam

Kompas.com - 13/05/2022, 18:06 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Selain Hepatitis Akut Misterius yang saat ini kasusnya sedang melonjak di sejumlah negara di dunia termasuk Indonesia, banyak penyakit anak lainnya yang harus diwaspadai oleh orang tua karena rentan terjadi setelah libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah ini.

Berikut beberapa penyakit yang rentan terjadi pada anak setelah Lebaran.

1. Gangguan saluran cerna

Ketua UKK Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), DR Dr Muzal Kadim, Sp.A(K) mengatakan, ada banyak sekali penyakit yang bisa terjadi pasca lebaran, dan yang paling banyak adalah mengenai gangguan saluran cerna.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat Lebaran tiba, akan banyak sekali pilihan hidangan makanan atau kudapan di atas meja setiap rumah-rumah umat muslim untuk merayakan salah satu hari raya besar umat Islam ini.

Hidangan-hidangan tersebut juga sangat beragam, mulai dari makanan pokok mengandung beras seperti ketupat atau lontong, masakan berkuah.

Hidangan yang lebih banyak bersantan, cemilan seperti aneka kue-kue basah, kue kering dan jajanan, serta beragam jenis minuman, seperti minuman bersoda, yang banyak disukai anak, akan dapat berisiko menyebabkan penyakit pada anak. 

Baca juga: Penyakit Kawasaki Sering Menyerang Anak, Penyakit Apa Itu?

Dalam momen Lebaran inilah, baik anak-anak maupun orang dewasa akan menyantap banyak jenis makanan dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, jika tidak terkontrol, makanan Lebaran bisa berisiko mendatangkan penyakit pada anak. 

Berbagai jenis makanan yang mungkin dihindari pada hari-hari biasa, akan disantap dengan dalih sesekali dan selagi lebaran.

Konsumsi makanan-minuman itu pun bisa sangat berlebihan di saat mereka mulai berkunjung dari satu rumah ke rumah tetangga atau sanak saudaranya dalam masa lebaran ini.

“Jadi gangguan saluran cerna akan lebih banyak pada saat lebaran dan paska lebaran, itu kenapa terjadi gangguan karena fungsi saluran cerna itu sangat kompleks,” kata Muzal dalam Media Briefing bertajuk Serba-Serbi Penyakit Anak Pasca Lebaran, Selasa (10/5/2022).

Ada banyak sekali gangguan saluran cerna yang bisa dialami anak-anak paska lebaran, di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Kembung
  • Diare
  • Intoleransi dan alergi makanan
  • Sakit perut
  • Muntah
  • Konstipasi (jarang Buang Air Besar)
  • Keracunan makanan

Baca juga: Pekan Imunisasi Dunia 2022: Cegah Penyakit Menular dengan Imunisasi Dasar Anak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com