Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2022, 19:03 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Televisi atau TV adalah media massa elektronik yang dimanfaatkan sebagai media informasi, edukasi, maupun hiburan bagi masyarakat. Sejarah di balik penemuan televisi telah memberi perubahan besar terhadap peradaban dunia. 

Anda mungkin salah satu yang sering kali menonton televisi, baik untuk menonton tayangan berita, film, bahkan streaming acara yang digemari.

Televisi dapat dikatakan sebagai salah satu penemuan yang mengubah dunia, karena perannya secara tidak langsung mengubah peradaban. Sebab, TV merupakan salah satu media massa, yang berdampak dalam menyampaikan informasi serta membentuk opini publik.

Menariknya, penemuan televisi bukan hanya dilakukan oleh satu orang saja, melainkan beberapa tokoh yang telah bekerja keras untuk menyempurnakannya.

Lantas, seperti apa sejarah penemuan televisi di dunia?

Setiap tahunnya, teknologi televisi terus berkembang sejak pertama kali ditemukan. Kualitas gambar dari tayangan televisi zaman dahulu, tentu sangat berbeda dengan sekarang.

Warna pada televisi baru muncul sekitar tahun 1960-an, yang kemudian berlanjut mulai dari berbentuk tabung hingga layar datar. Cikal bakal penemuan televisi diperkenalkan pertama kali pada 26 Januari 1926 oleh penemu asal Skotlandia, John Logie Baird.

Baca juga: Kenapa TV Banyak Menyiarkan Tayangan yang Tidak Seharusnya Dikonsumsi Publik?

Baird yang dikenal sebagai penemu TV, lahir pada 14 Agustus 1888 di Helensburgh, dan melanjutkan pendidikan di Universitas Glasgow. Lantaran mendapatkan cap yang buruk oleh medis, dia dinyatakan tak bisa ikut berpartisipasi dalam Perang Dunia I.

Akhirnya Baird bekerja di perusahaan listrik. Di tahun 1923 ia mendirikan laboratorium untuk bereksperimen dengan televisi mekanik. Namun, dia justru tersetrum oleh sambungan listrik yang diciptakannya sendiri.

Setelah serangkaian percobaan teknologi TV, akhirnya Baird dapat mentransmisikan gambar berkedip-kedip pada jarak 3 meter. Lalu di tahun berikutnya ia menghasilkan gambar televisi dengan cahaya dan bayangan.

Baird memberikan nama alatnya ini dengan sebutan "televisor". Komponen di dalamnya terdiri dari cakram yang berputar untuk memindai gambar yang bergerak.

Selanjutnya, di tahun 1928 ia berhasil mencapai transmisi televisi transatlantik pertama antara London, dan New York.

Dia mendemonstrasikan televisi pertama yang diciptakannya di sebuah laboratorium di London, Inggris. Dilansir dari History, Selasa (29/6/2021) dengan penemuan barunya, Baird membentuk Baird Television Development Company.

Ia juga tercatat sebagai orang yang pertama kali melakukan demonstrasi televisi dengan dua warna. Sejarah penemuan TV dan perjalanan teknologi televisi ini pun terus berkembang berkat temuannya itu. 

Baca juga: Apa Perbedaan TV Analog dan Digital?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com