Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Alumni SMA di Amerika Serikat Terkena Tumor Otak, Pakar Selidiki Penyebabnya

Kompas.com - 30/04/2022, 18:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasus yang cukup aneh dilaporkan terjadi di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Amerika Serikat.

Pasalnya, lebih dari 100 alumni di Colonia High School di New Jersey, Amerika Serikat telah didiagnosis menderita tumor otak dalam kurun 30 tahun terakhir.

Kondisi ini pun akhirnya memicu kekhawatiran adanya hubungan antara lingkungan sekolah, dengan tumor otak yang menjangkiti para alumni tersebut.

Seperti dilansir dari Live Science, Kamis (28/4/2022) Colonia High School saat ini tengah dalam penyelidikan, terkait adanya kemungkinan kluster kanker.

Otoritas kesehatan setempat juga telah meminta bantuan para ahli untuk melakukan uji radiasi di dalam gedung, maupun di halaman sekolah untuk menemukan penyebab pasti dari kejadian ini.

Baca juga: Tumor Otak pada Anak Bukan Berarti Vonis Mati, Kenali Jenisnya

"Tidak perlu ditanya lagi, itu (kasus tumor otak ratusan alumni SMA di Amerika Serikat) perlu diselidiki," ujar profesor epidemiologi di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Elizabeth A Platz.

Di sisi lain, Platz menuturkan bahwa untuk mengonfirmasi kluster kanker para ahli epidemiologi harus menemukan lebih banyak kasus daripada yang diperkirakan. Fakta ini, lanjut dia, dinilai berdasarkan karakteristiknya seperti usia, jenis kelamin serta faktor geografi.

"Mereka perlu membuktikan dengan analisis statistik bahwa lebih banyak staf dan lulusan Colonia mengembangkan kanker otak. Menyelesaikan (analisis) itu membutuhkan waktu," terang Platz.

Adapun kasus tumor otak tersebut pertama kali diungkapkan oleh salah satu lulusan Colonia High School, Al Lupiano, yang merupakan ilmuwan di bidang lingkungan.

Lupiano berkata bahwa dirinya pertama kali didiagnosis tumor otak jinak yang disebut neuroma akustik, pada 1999 silam. Saat itu, alumni SMA Colonia di Amerika Serikat ini berhasil disembuhkan dari penyakit yang diidapnya.

Baca juga: Tumor Otak Wanita Ini Hilang Setelah Melahirkan, Kok Bisa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com