Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reptil di Dunia Terancam Punah, Buaya dan Kura-kura Paling Rentan Hadapi Kepunahan

Kompas.com - 30/04/2022, 11:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Studi baru mengungkapkan sebanyak 21 persen, atau satu dari lima spesies reptil yang ada di seluruh dunia terancam punah. Peneliti menyebut bahwa buaya dan kura-kura adalah jenis reptil yang paling rentan punah.

Para peneliti mengatakan bahwa lebih dari 10.000 hewan, termasuk buaya dan kura-kura berada di bawah ancaman kepunahan.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Nature pada 27 April 2022, tim peneliti mengevaluasi 10.196 hewan dari Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Hasilnya didapatkan bahwa sebanyak 1.829 atau sekitar 21 persen spesies reptil dikategorikan sebagai rentan, terancam punah, atau sangat terancam punah.

Tim peneliti menyebutkan, sekitar 58 persen buaya dan 50 persen kura-kura ditemukan paling berisiko mengalami kepunahan.

"Beberapa faktor seperti pertanian, penebangan, pembangunan perkotaan, dan spesies invasif adalah pendorong ancaman bagi reptil ini," ujar peneliti dilansir dari Independent, Kamis (29/4/2022).

Baca juga: Lebih dari 20 Persen Reptil Dunia Terancam Punah

Selanjutnya, reptil terancam punah yakni buaya dan kura-kura paling rentan punah ditemukan pula lebih dari 40 persen amfibi, 25 persen mamalia, dan 13 persen burung yang berpotensi menghadapi kepunahan bila tidak dilakukan tindakan konservasi sejak dini.

Reptil terancam punah karena perubahan iklim

Penurunan keanekaragaman hayati di dunia ini, menurut peneliti dinilai menjadi ancaman bagi kehidupan di Bumi.

Kepala zoologi di NatureServe, Amerika Utara, sekaligus pemimpin studi, Bruce Young, menyampaikan bahwa Asia Tenggara, India, Afrika Barat, dan Karibia merupakan wilayah yang paling banyak kehilangan keragaman genetik dari reptil.

Di samping itu, para peneliti juga menyoroti ancaman yang ditimbulkan karena perubahan iklim terhadap rasio jenis kelamin keturunannya yang bergantung pada suhu, misalnya kura-kura.

Dampak perubahan iklim juga disebut menimbulkan ancaman langsung bagi sekitar 10 persen spesies reptil.

Kendati demikian, para peneliti mengatakan kemungkinan ancaman perubahan iklim terlalu rendah dalam mempengaruhi ancaman kepunahan reptil, termasuk seperti yang diperkirakan bahwa spesies buaya dan kura-kura paling terancam punah.

Baca juga: Reptil Terkecil di Dunia Ditemukan di Madagaskar, Seperti Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com