Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah dan Asal-usul Nama Balikpapan, dari Kuleng Papan hingga Papan Sumbangan Rakit yang Lepas

Kompas.com - 28/04/2022, 08:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Bicara tentang sejarah dan nama Kota Balikpapan, hal ini kerap menjadi sebuah guyonan oleh sebagian orang. Terkait asal-usul nama kota ini, banyak yang menyebut kalau nama Balikpapan diambil karena masyarakatnya tidur di balik sebuah papan.

Namun, benarkah begitu? Jika tidak, lantas dari mana sebenarnya nama Balikpapan itu berasal dan bagaimana sejarah kota itu dibentuk?

Sejarah Kota Balikpapan

Dikutip dari situs resmi balikpapan.go.id, sejarah berdirinya atau terbentuknya Kota Balikpapan tidak bisa dipisahkan dari cerita tentang Minyak.

Minyak yang dimaksudkan lebih tepatnya adalah sumur minyak Mathilda.

Sumur ini adalah pengeboran perdana pada tanggal 10 Februari 1897 di kaki gunung Komendur di sisi timur Teluk Balikpapan.

Penamaan sumur minyak Mathilda ini berasal dari nama anak JH Menten dari JH Menten dan Firma Samuel & Co sebagai pemenang hak konsesi pengeboran yang ditunjukan pemerintah Hindia Belanda yang telah mengontrak Balikpapan dari Kesultanan Kutai.

Baca juga: Sejarah dan Asal-usul Nama Jepara, Kota yang Dijuluki Bumi Kartini

Tentang sejarah Kota Balikpapan ini tak terlepas dari banyaknya para pendatang yang menginjakkan kaki di kota ini, mulai dari orang Jawa yang bekerja sebagai pengebor, hingga pekerja dari China dan India.

Pekerja dari China dan India inilayh yang menjadi cikal bakal penghuni desa di Tukung (Klandasan) dan Jumpi (Kampung Baru) yang merupakan asal usul sebagain besar warga Balikpapan.

Selain itu keberadaan minyak, yaitu minyak tanah atau “lantung”, juga mengundang semakin besarnya jumlah pedagang yang datang dari daerah Kerajaan Banjar di Banjarmasin dan Bone di Sulawesi Selatan untuk berdagang dan singgah di Balikpapan.

Hingga kini, Balikpapan berkembang menjadi Kota Minyak yang mampu menghasilkan 86 juta barrel minyak per tahun.

Letak geografis Kota Balikpapan

Balikpapan adalah kota di Provinsi Kalimantan Timur, yang memiliki luas wilayah mencapai 834,48 kilometer persegi yang terdiri atas 503,30 kilometer persegi daratan dan 340,18 kilometer persegi perairan.

Batas wilayah Kota Balikpapan meliputi Kabupaten Kutai Kertanegara di bagian utara, Selat Makassar pada bagian selatan dan timur, serta Penajam Paser Utara di bagian barat.

Baca juga: Sejarah dan Asal-usul Kota Pontianak, Kisah Kuntilanak Mengganggu hingga Kun Tian

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com