Kompas.com - 15/04/2022, 12:02 WIB


KOMPAS.com - Susu kambing semakin mahsyur di masyarakat Indonesia, dengan semakin banyak orang mengonsumsinya. Dengan tekstur yang lebih kental dan lebih lembut dibandingkan susu sapi atau susu nabati, manfaat susu kambing telah diyakini sangat baik untuk kesehatan.

Susu kambing lebih mudah dicerna, memiliki lebih sedikit risiko alergi susu, dan mampu menjaga kesehatan jantung. Susu kambing mengandung protein, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan vitamin A.

Sebuah studi mengungkapkan khasiat susu kambing dan menemukan bahwa mengonsumsi cukup vitamin A dapat membantu mengurangi risiko katarak, jenis kanker tertentu, bahkan membantu anak-anak melawan campak. 

Selain itu, susu kambing mengandung lebih banyak nutrisi yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh manusia.

Apa saja manfaat kesehatan susu kambing?

1. Susu kambing tinggi protein

Dilansir dari WebMD, Kamis (14/4/2022) protein dalam susu kambing tampaknya lebih mudah dicerna. Artinya, tubuh dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Baca juga: 3 Khasiat Susu Kambing untuk Kesehatan

Susu kambing juga mengandung lebih banyak protein dibandingkan susu almond atau susu beras.

2. Susu kambing tidak memicu alergi susu

Beberapa orang dengan alergi susu sapi mungkin menemukan bahwa susu kambing tidak memicu alergi.

Sebuah penelitian menemukan sekitar satu dari empat bayi yang alergi susu sapi tidak alergi terhadap susu kambing.

Jika memiliki alergi terhadap susu, maka dapat meminta dokter untuk menguji dan memutuskan dapat mentoleransi susu kambing dengan aman atau tidak.

Ditegaskan, apabila mengetahui mempunyai alergi susu, sebaiknya tidak mengonsumsi susu kambing tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Kendati manfaat susu kambing baik untuk kesehatan dan tidak memicu alergi, namun bagi orang toleran laktosa, disarankan sebaiknya tidak mengonsumsi susu kambing karena tidak bebas laktosa.

Baca juga: Perbandingan Nutrisi Susu Kambing, Susu Sapi, dan Susu Nabati

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.