Perubahan Iklim Bikin Jumlah Ikan yang Bisa Ditangkap di Masa Depan Makin Berkurang

Kompas.com - 14/04/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi baru dari Rutgers University menemukan, bahwa pemanasan lautan karena perubahan iklim akan membuat lebih sedikit spesies ikan komersial dapat ditangkap di masa depan.

Temuan ini pun kemudian dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Seperti dikutip dari Phys, Rabu (13/4/2022) studi yang menyajikan gambaran beragam tentang kesehatan laut ini mengungkapkan, spesies besar dan perikanan yang penting secara komersial akan berkurang jumlahnya seiring dengan waktu saat iklim menghangat.

Tak hanya itu, kemungkinan ikan-ikan tersebut juga tak akan tersedia melimpah, bahkan di rentang geografis baru mereka.

Baca juga: Perubahan Iklim Ancam Ketahanan Pangan Indonesia, Apa Dampaknya?

Ambil contoh saja, seorang nelayan ikan cod di Atlantik mungkin masih bisa menemukan ikan tersebut 200 tahun dari sekarang, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih sedikit.

"Dari perspektif perikanan adalah bahwa spesies yang kita tangkap hari ini, tak akan kita temukan lagi dalam jumlah kelimpahan yang sama di masa depan," ungkap Malin Pinsky, peneliti dari Rutgers University.

Ia juga mengungkapkan, bahwa pemanasan laut dan ditambah dengan dinamika jaring makanan akan menempatkan keanekaragaman hayati laut seperti didalam mesin pencampur.

Dengan kondisi tersebut sebagai dampaknya, penangkapan ikan yang berlebih pun berpotensi menjadi lebih banyak terjadi.

Studi sebelumnya mengenai pergeseran rentang habitat, di mana ikan pindah ke bagian laut yang suhunya cocok, hanya melihat dampak langsung perubahanan iklim pada satu spesies.

Namun dalam studi baru ini, peneliti melihat interaksi trofik-proses satu spesies diberi makan dengan mengorbankan yang lain, serta dinamika jaring makanan lainnya untuk menentukan bagamana perubahan iklim memengaruhi rentang spesies.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.