Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 6 Tahun Tunggu Rekomendasi Ahli, Ini Kata Kemenkes

Kompas.com - 12/04/2022, 08:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 di Indonesia saat ini sudah diberikan kepada setiap kelompok usia, mulai dari anak 6 tahun ke atas, dewasa, hingga lansia. Namun, vaksin Covid-19 belum dapat diberikan kepada anak di bawah usia 6 tahun.

Dijelaskan Plt Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Prima Yosephine, MKM, pemberian vaksin anak di bawah usia 6 tahun harus melewati sejumlah persyaratan.

Salah satunya adalah mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu, pemberian vaksin Covid-19 untuk anak juga memerlukan rekomendasi dari panel ahli yakni ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization).

"Sabar menunggu, karena memang kita hanya memberikan vaksin (untuk anak di bawah 6 tahun) dalam rangka Covid adalah vaksin yang sudah keluar rekomendasi dari ITAGI-nya," terang Prima dalam webinar yang ditayangkan di kanal YouTube Kemenkes, Senin (11/4/2022).

Baca juga: Vaksin Covid-19 untuk Anak Balita, Moderna Ajukan Izin Penggunaan Darurat

Langkah tersebut, kata dia, dilakukan tidak lain adalah untuk mengetahui apakah vaksin Covid-19 aman digunakan untuk anak di bawah usia 6 tahun.

"Untuk vaksin anak usia di bawah 6 tahun itu nanti kami juga akan melalui alur yang sama untuk bisa meminta rekomendasi dari ahli yakni ITAGI," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Anak, dr Arifianto, Sp.A, mengatakan hal senada tentang vaksin anak di bawah usia 6 tahun.

Menurutnya, pemberian vaksin anak di bawah usia 6 tahun belum diperbolehkan di Indonesia lantaran masih menunggu rekomendasi dari panel ahli.

"Akan ada pembahasan dari panel ahli yang memang diminta rekomendasinya. Artinya, sampai nanti ada rekomendasi dari panel ahli baru kita bisa mendapatkan vaksinasi," ucap Arifianto.

"Jadi sabar aja, tunggu aja nanti kalau vaksinnya sudah ada kemudian panel ahli menyetujui dan merilis (rekomendasi penggunaannya) anak-anak kita akan mendapatkan vaksin di bawah 6 tahun untuk Covid-19," sambung dia.

Di sisi lain, Arifianto meminta agar para orangtua tidak khawatir dan turut melengkapi imunisasi dasar untuk anak, selama vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 6 tahun belum tersedia.

Baca juga: Syarat Vaksin Covid-19 untuk Anak 6 Tahun ke Atas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com