Kompas.com - 11/04/2022, 10:01 WIB


KOMPAS.com- Umat Islam di Indonesia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 Hijriyah. Menurut ahli, rata-rata durasi berpuasa di Indonesia ada 13 jam 20 menit. Lantas, adakah kota dengan puasa terlama? 

1 Ramadhan 1443 Hijriyah sebagai penanda hari pertama berpuasa di Indonesia tahun ini terjadi perbedaan antara Organisasi Muhammadiyah dan ketetapan pemerintah, yakni berturut-turut pada 2 April 2022 dan 3 April 2022.

Meskipun terjadi perbedaan awal puasa Ramadhan, namun esensi dari berpuasa tetaplah sama yaitu menahan diri dari rasa lapar dan haus, serta hawa nafsu dan emosi dari fajar sampai terbenam matahari.

Mungkin Anda pernah mendengar kalau waktu berpuasa di Indonesia mengikuti waktu siang hari yaitu sekitar 12 jam.

Namun, tahukah Anda ternyata waktu rata-rata atau durasi puasa di Indonesia lebih dari itu?

Dengan letak geografis yang berbeda-beda di setiap provinsi di Indonesia, tidak semua wilayah akan berpuasa dengan durasi yang sama. Sebab, ada pula wilayah yang mengalami durasi waktu puasa tercepat dan lebih lama di Indonesia.

Baca juga: Anak Belajar Puasa Ramadhan, Kapan Waktu Tepat Ajarkan Puasa? Ini Saran Ahli

Astronom amatir Indonesia sekaligus Pembimbing dan Pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIK) Gombong dan Majelis kajian Ilmu Falak (MKIK) Kebumen Jawa Tengah, Marufin Sudibyo menjelaskan, durasi puasa terlama di Indonesia ada pada kota paling utara.

Marufin menyebutkan, Kota Sabang di Provinsi Aceh menjadi daerah yang memiliki durasi puasa paling lama di Indonesia untuk periode Ramadhan 1443 Hijriyah.

Durasi berpuasa di Kota Sabang terlama di Indonesia yakni dengan lama puasa sekitar 13 jam 28 menit hingga 13 jam 40 menit dari awal hingga akhir Ramadhan.

“Sementara, durasi berpuasa terpendek (tercepat) ada di kota paling selatan, yakni di Kota Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur),” kata Marufin kepada Kompas.com, Sabtu (9/4/2022).

Durasi berpuasa di Kota Sabu Barat adalah sekitar 13 jam 18 menit hingga 13 jam 5 menit dari awal hingga akhir Ramadhan.

Melihat perbedaan durasi yang tidak terlalu jauh di setiap kota ini, Marufin menjelaskan bahwa memang selisih durasi waktu puasa di Indonesia ini relatif singkat antar daerahnya, yakni hanya sekitar 10 menit di awal Ramadhan hingga 35 menit di akhir Ramadhan.

Baca juga: Puasa Tanpa Sahur, Begini Dampaknya pada Tubuh

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.