Sejarah Teleskop Pertama Kali Ditemukan untuk Melihat Alam Semesta

Kompas.com - 07/04/2022, 10:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Teleskop adalah salah satu instrumen penting yang membantu manusia, untuk mengetahui lebih banyak mengenai pembentukan alam semesta. Bagaimana sejarah teleskop pertama kali ditemukan?

Umumnya teleskop digunakan oleh para ilmuwan dan astronom, untuk mempelajari langit dan objek yang terdapat di dalamnya.

Teleskop adalah salah satu penemuan yang mengubah dunia ternyata telah diciptakan sejak lebih dari 600 tahun yang lalu.

Dengan kehadirannya, teleskop berhasil menjadi bagian penting dari ilmu pengetahuan kita dan memungkinkan semua orang untuk melihat objek yang jauh agar tampak dekat.

Dalam sejarah penemuan teleskop, telah banyak penemu, insinyur, matematikawan, dan fisikawan terkemuka yang mencoba untuk menyempurnakan bentuk awalnya yang sederhana.

Hal ini tak lain dilakukan untuk membuatnya layak menjadi peralatan penting dalam sebuah penelitian.

Jika berbicara mengenai teleskop, nama Galileo Galilei kerap disebut sebagai penemu teleskop pertama kali. Namun ternyata, penemuan teleskop pertama kali bukanlah Galilei, melainkan pembuat lensa kacamata asal Belanda bernama Hans Lippershey.