Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Teleskop Pertama Kali Ditemukan untuk Melihat Alam Semesta

Kompas.com - 07/04/2022, 10:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Teleskop adalah salah satu instrumen penting yang membantu manusia, untuk mengetahui lebih banyak mengenai pembentukan alam semesta. Bagaimana sejarah teleskop pertama kali ditemukan?

Umumnya teleskop digunakan oleh para ilmuwan dan astronom, untuk mempelajari langit dan objek yang terdapat di dalamnya.

Teleskop adalah salah satu penemuan yang mengubah dunia ternyata telah diciptakan sejak lebih dari 600 tahun yang lalu.

Dengan kehadirannya, teleskop berhasil menjadi bagian penting dari ilmu pengetahuan kita dan memungkinkan semua orang untuk melihat objek yang jauh agar tampak dekat.

Dalam sejarah penemuan teleskop, telah banyak penemu, insinyur, matematikawan, dan fisikawan terkemuka yang mencoba untuk menyempurnakan bentuk awalnya yang sederhana.

Hal ini tak lain dilakukan untuk membuatnya layak menjadi peralatan penting dalam sebuah penelitian.

Jika berbicara mengenai teleskop, nama Galileo Galilei kerap disebut sebagai penemu teleskop pertama kali. Namun ternyata, penemuan teleskop pertama kali bukanlah Galilei, melainkan pembuat lensa kacamata asal Belanda bernama Hans Lippershey.

Baca juga: Bukan Galilei, Ini Dia Penemu Teleskop Pertama Kali

Seperti dilansir dari History of Telescope, Rabu (6/4/2022) sejarah pembuatan teleskop dimulai di tahun 1608 oleh sekelompok pembuat kacamata Belanda yang semuanya membuat model teleskop pertama pada saat yang bersamaan.

Akan tetapi, hak paten untuk perangkat teleskop jatuh pada Lippershey. Pada saat itu, alat buatannya disebut "kijker" yang berarti alat untuk melihat.

Dia pun mengeklaim bahwa teleskop miliknya dapat melihat objek jauh, dengan pembesaran hingga tiga kali.

Lippershey berhasil mengembangkan teleskop pertama berdasarkan pengalaman dalam buku catatan sejumlah ilmuwan India, Mesir, Cina, Yunani, Romawi, dan Arab.

Adapun teleskop yang pertama kali dibuatnya terdiri dari lensa cekung sebagai lensa okuler, serta lensa cembung sebagai lensa objektif.

Menariknya, teleskop Lippershey diciptakan karena ketidaksengajaan ketika ada seorang anak yang memegang dua lensa secara bersamaan di toko kacamata miliknya.

Sejarah teleskop seperti dilansir dari Space, Selasa (26/10/2021) beberapa ahli pada saat itu berpendapat bahwa Lippershey mencuri desain penemuan teleskop yang yang diciptakan oleh pembuat lensa lainnya bernama Zacharias Jansen. Akibatnya, paten Lippershey untuk teleskop pun ditolak.

Baca juga: Teleskop Radio, Cara Dunia Mengenal Alam Semesta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com