Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Apakah GERD Bisa Sembuh Total dan Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 02/04/2022, 11:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com berinisial AS, usia 41 tahun dari Jakarta, mengeluhkan kondisi GERD yang telah dialaminya selama setahun belakangan ke subrubrik Halo Prof. Berikut pertanyaannya:

"Prof, gimana agar saya bisa sembuh total dari sakit GERD? Sudah hampir setahun lebih, saya alami seperti ini. Saya saat ini mengonsumsi obat antasida kalau kambuh. Apakah GERD bisa sembuh total?"

Baca juga: Penderita Maag dan GERD Amankah Berpuasa? Ini Kata Dokter

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Wirawan Hambali, Sp.PD, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RS Pondok Indah – Puri Indah. Berikut paparannya:

dr. Wirawan Hambali, Sp.PD, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
RS Pondok Indah ? Puri IndahRS Pondok Indah dr. Wirawan Hambali, Sp.PD, FINASIM Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah ? Puri Indah

Halo Bapak AS, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Saya turut prihatin atas kondisi Bapak tersebut.

Pertama, harus dipahami bahwa komponen terpenting dalam penanganan gangguan GERD adalah perencanaan makan. Menjadwalkan makan secara teratur, serta menghindari jenis makanan yang merangsang lambung, seperti makanan pedas, asam, berlemak dan berminyak, merupakan komponen paling penting dan mendasar dalam penanganan GERD.

Kendali terhadap pencetus stres fisik dan psikis yang berlebihan juga merupakan salah satu bagian manajemen GERD yang diperlukan. Hal-hal tersebut perlu dijalankan dengan penuh disiplin ya, Pak.

Baca juga: 8 Pantangan jika Punya GERD, Salah Satunya Hindari Stres

Kedua, kondisi GERD yang tidak membaik dengan pengaturan makan dan pengobatan yang adekuat, membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk merancang pengobatan yang lebih terarah dan spesifik.

Keberadaan kuman di lambung (Helicobacter pylori), batu empedu, penyakit hati dan pankreas, sering disertai dengan gejala yang serupa dengan GERD. Namun, kondisi ini membutuhkan penanganan yang berbeda dari pengobatan GERD pada umumnya.

Oleh karena itu, pemeriksaan oleh dokter dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang spesifik yang terarah, seperti misalnya pemeriksaan endoskopi pada saluran cerna sangat diperlukan untuk penanganan GERD yang mumpuni.

Semoga jawabannya membantu ya, Pak. Sehat selalu. Terima kasih.

dr. Wirawan Hambali, Sp.PD, FINASIM

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

RS Pondok Indah – Puri Indah

Punya pertanyaan terkait kesehatan yang membuat Anda penasaran? Ajukan pertanyaan Anda dengan mengisi formulir di laman ini. Pertanyaan yang terpilih akan dijawab oleh dokter atau ahli terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com