Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilal Tidak Terlihat, Kapan Puasa Ramadhan 2022? Ini Kata Kemenag

Kompas.com - 01/04/2022, 20:30 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhirnya, pemeritah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan  bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah atau puasa Ramadhan 2022 jatuh pada Minggu, 3 April 2022 mendatang, karena hasil pemantauan hilal tidak terlihat di 101 titik lokasi pengamatan.

Jadi, umat muslim di Indonesia akan mulai menjalankan salat tarawih pertama esok, Sabtu (2/4/2022).

Penetapan awal Ramadhan ini didasarkan dari hasil sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Jumat (1/4/2022).

"Secara mufakat bahwa 1 Ramadhan tahun 1443 Hijriah jatuh pada hari Ahad (Minggu) 3 April 2022 Masehi. Ini hasil sidang Isbat yang baru saja kita selesaikan dan kita sepakati bersama," ungkap Menag Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di TVRI.

"Dan tentu kita berharap mudah-mudahan dengan hasil sidang Isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa secara bersama-sama," sambungnya.

Baca juga: Menag Yaqut: Dari 101 Titik yang Melaporkan Tidak Melihat Hilal, Kapan Puasa Dimulai?

Menag Yaqut menjelaskan bahwa sidang Isbat mempertimbangkan dua metode yang umumnya digunakan, yakni hisab (perhitungan) dan rukyat (melihat langsung keberadaan hilal) dalam menentukan awal puasa Ramadhan tahun ini.

"Dua metode ini, bukan dua metode yang dipertentangkan, kedua metode ini adalah metode yang saling melengkapi satu dengan yang lain karena sama pentingnya," imbuhnya.

Untuk diketahui hilal adalah bulan sabit tertipis yang berkedudukan rendah di atas cakrawala langit barat, dan sudah diamati tepat selepas terbenam Matahari.

Pada kesempatan tersebut, Yaqut juga menyampaikan berdasarkan hisab penentuan 1 Ramadhan 1443 Hijriah, wilayah Indonesia belum memenuhi kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) baru, yaitu tinggi hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi minimal 6,4 derajat.

"Dengan dua hal tersebut (hisab dan rukyat) yaitu berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk. Akan tetapi belum memenuhi kriteria MABIMS baru," kata Yaqut.

Jadi, kapan awal puasa Ramadhan tahun ini dimulai?

Berdasarkan pantauan hilal awal Ramadhan di 101 lokasi di 34 provinsi di Indonesia, tidak ada laporan yang menyebut bahwa tim rukyatul hilal telah melihat hilal. Sehingga, puasa Ramadhan 2022 di Indonesia ditetapkan pada 3 April 2022.

Baca juga: Penentuan Hilal Ramadhan 1443 H, BMKG Ungkap Potensi Hasil Rukyat Awal Puasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com