Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini: Berkekuatan 5,1 M Guncang Banten Dipicu Sesar Aktif Bawah Laut

Kompas.com - 01/04/2022, 17:28 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa tektonik bermagnitudo 5,1 mengguncang wilayah Banten Selatan pada Jumat (1/4/2022) pukul 14.14 WIB.  Gempa terkini tersebut berada di kedalaman 10 km.

Menurut Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, episenter gempa terletak pada koordinat 7,14 derajat LS dan 106,01 derajat BT, tepatnya di laut pada jarak 29 Km arah Tenggara Cikeusik, Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di dasar laut," ujar Daryono kepada Kompas.com, Jumat (1/4/2022).

Ia menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Gempa Banten sumber seser mengiri

Daryono memaparkan, gempa selatan Banten bermagnitudo 5,1 siang ini memiliki mekanisme sumber sesar geser mengiri (sinistral strike-slip), diduga dipicu Sesar Cimandiri yang menerus ke laut.

Baca juga: Gempa Terkini: Gempa Bayah M 5,5 Guncang Banten, Terasa Sampai Jakarta dan Pelabuhan Ratu

Gempa hari ini di Banten yang disebabkan sesar aktif bawah laut tersebut berdampak dan dirasakan di beberapa daerah, seperti:

1. Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas IV MMI

2. Panggarangan dan Tanjung Lesung dengan skala intensitas II-III MMI

3. Jakarta, Tangerang Selatan, Cidahu, Tangerang, Bogor, dan Bandung dengan skala intensitas II MMI.

Daryono menegaskan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya relatif kecil untuk dapat membangkitkan tsunami.

"Hingga pukul 14.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 3 kali aktivitas gempa susulan (aftershocks) dengan magnitudo terbesar 4,4," kata Daryono menjelaskan aktivitas gempa Banten hari ini, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Gempa Terkini M 5,3 Guncang Lebak Banten, Sudah 6 Kali Susulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com