Kompas.com - 29/03/2022, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Pernah melihat gambaran dinosaurus bertubuh besar namun kepalanya sangat kecil dan memiliki tanduk pipih di sepanjang punggung dan ekornya? Itu adalah stegosaurus. Baca terus untuk mengetahui lebih detail tentang dinosaurus yang satu ini.

Stegosaurus

Stegosaurus hidup di zaman Jurassic Akhir atau sekitar 159 sampai 144 juta tahun yang lalu. Karakteristik fisik stegosaurus sangat khasi, yaitu terdapat dua baris duri berbentuk pelat yang tersusun sepanjang punggung hingga ekornya.

Stegosaurus dewasa memiliki panjang 6,5 meter sampai 9 meter. Ukuran tengkorak dan otaknya sangat kecil dan tidak sebanding dengan ukuran badannya. Ia juga memiliki kaki depan yang lebih pendek daripada kaki belakangnya.

Fungsi duri pelat stegosaurus

Para ahli banyak mengemukakan hipotesis mengenai fungsi dari duri berbentuk pelat yang dimiliki stegosaurus. Pendapat yang paling kuat adalah sebagai perlindungan diri, terutama bagian tulang belakangnya.

Pada tahun 1970-an, para ahli mengecek ulang spesimen Stegosaurus dan menemukan bahwa setiap pelat pada stegosaurus memiliki ukuran yang berbeda-beda. Selain itu, pelat ini juga mengandung pembuluh darah.

Oleh karena itu, para ahli menyampaikan hipotesis baru bahwa fungsi duri tersebut adalah untuk termoregulasi. Pelat ini diyakini bisa mengurangi panas tubuh stegosaurus ke lingkungan di sekitarnya.

Begitu juga sebaliknya, pelat ini bisa menangkap panas untuk menghangatkan tubuh stegosaurus. Mekanisme ini dijalankan dengan cara menghadapkan pelat ke matahari dan bekerja seperti panel surya.

Sedangkan dua buah duri tajam yang terletak di ujung ekor tetap diyakini sebagai senjata pertahanan diri bagi hewan pemakan tumbuhan ini.

Baca juga: Temuan Fosil Dinosaurus Triceratops Terlengkap Ungkap Kehidupannya di Masa Lalu

Fosil stegosaurus

Para ahli palaentologi telah beberapa kali menemukan fosil stegosaurus. Fosil pertama stegosaurus ditemukan pada tahun 1876 oleh M. P. Felch. Penemuan ini berhasil menemukan fosil dari 80 ekor stegosaurus di Colorado dan Wyoming.

Penemuan fosil berikutnya terjadi tahun 2007 di Portugal. Penemuan ini meyakinkan para ahli bahwa daratan Eropa dan Amerika Utara dahulu menyatu dan menjadi tempat tinggal stegosaurus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.