Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Ketersediaan Air untuk Kehidupan Mendatang, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 29/03/2022, 18:05 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup di bumi ini.

Krisis air, baik kekeringan atau banjir, telah terjadi di banyak tempat. Perubahan iklim akan memperburuk kondisi ini dan mempercepat proses kelangkaan air baik secara kuantitas maupun kualitas.

Secara global, laporan data yang dikeluarkan World Meteorological Organization, menuliskan bahwa sebagian besar negara di dunia tidak siap menghadapi krisis air.

Baca juga: Perubahan Iklim Bisa Sebabkan Krisis Air Bersih di Indonesia, Ini Penjelasan BMKG

Selama dua dekade terakhir, pasokan gabungan dari sumber air permukaan, air tanah, dan air yang ditemukan di dalam tanah, salju, dan es di bumi telah menurun sampai satu sentimeter per tahun.

Untuk itu, menjaga ketersediaan air bersih sangat penting diupayakan, untuk kehidupan saat ini dan masa mendatang.

Pemakaian air tanah

Air tanah merupakan sumber daya yang paling umum digunakan untuk mendukung kebutuhan air minum, pertanian, sistem sanitasi, dan kebutuhan industri.

Adapun proses kelangkaan air tanah dipercepat dengan tindakan memompa air tanah untuk keperluan irigasi. Selain itu, penggunaan pupuk dan pestisida juga dapat mengakibatkan penurunan kualitas air.

Dalam acara Positive Water Impact yang diadakan Danone-AQUA, Direktur Bina Teknik Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Muhammad Rizal menyampaikan, indeks pemakaian air di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara telah mancapai 50-100 persen untuk berbagai keperluan seperti domestik, industri, dan pertanian.

“Ini merupakan tantangan yang dihadapi Indonesia, sehingga Kementerian PUPR harus menjawab dengan pembangunan infrastruktur dan pengelolaan sumbr daya air yang ditujukan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Rizal, Senin (28/3/2022).

Menurut dia, diperlukan keterlibatan masyarakat dan badan usaha terkait dengan pengelolaan sumber daya air.

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini, Danone-AQUA juga telah melakukan sejumlah upaya dalam menjaga kelestarian air di bumi.

Baca juga: Krisis Air di Batam, BMKG Prediksi Curah Hujan Rendah Sampai Maret

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com