Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Badak Sumatera Betina Lahir di Taman Nasional Way Kambas

Kompas.com - 29/03/2022, 13:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Seekor anak badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) telah lahir di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK) Provinsi Lampung, pada pukul 11.44 WIB, Kamis (24/3/2022).

Berdasarkan keterangan Ketua Tim Dokter Hewan SRS TNWK, drh. Zulfi Arsan mengatakan, Rosa menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

"Proses kelahirannya sendiri berlangsung selama hampir 3 jam sampai dengan bayi badak lahir," kata Zulfi dikutip Kompas.com dalam keterangan resmi Kementerian LHK, Kamis (24/3/2022).

Sebagai informasi, Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas adalah satu-satunya tempat pengembangbiakan Badak Sumatera secara alami dengan dukungan teknologi, serta kolaborasi keahlian, baik dari dalam dan luar negeri.

Baca juga: Badak Sumatera Terancam Punah, Yayasan Kehati Jalankan Program TFCA

SRS TNWK yang diresmikan pada tahun 1998 merupakan program kerja sama antara Balai TNWK KLHK dengan Yayasan Badak Indonesia (YABI) untuk menghasilkan anak Badak Sumatera sebanyak-banyaknya.

Tentunya target untuk menghasilkan anak Badak Sumatera sebanyak-banyaknya ini akan dan harus disesuaikan dengan kondisi yang aman untuk mempertahankan keberlangsungan hidup spesies Badak Sumatera yang kini terancam punah.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Wiratno mengatakan, kelahiran anak badak Sumatera ini merupakan hasil perkawinan antara badak jantan bernama Andatu dan badak betina bernama Rosa.

Anak Badak Sumatera yang telah dilahirkan itu berjenis kelamin betina. Kelahiran anak badak Rosa ini menambah jumlah badak yang berada di dal SRS TNWK menjadi 8 ekor.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Perlu Menjaga Populasi Badak Sumatera Asli Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com