Kompas.com - 28/03/2022, 13:32 WIB

KOMPAS.comGerhana bulan sebagian adalah salah satu dari tiga jenis gerhana bulan. Apa perbedaan gerhana bulan sebagian dengan gerhana bulan total? Simak penjelasan berikut ini.

Gerhana bulan

Gerhana bulan adalah fenomena ketika Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis lurus. Fenomena ini adalah fenomena yang dapat dihitung dan diprediksi kejadiannya.

Gerhana bulan merupakan kejadian saat Bumi menghalangi cahaya matahari. Seperti yang sudah kita ketahui, bulan tampak bercahaya karena memantulkan cahaya Matahari. Jika Bumi menghalangi Matahari, maka bulan tidak mendapatkan cahaya yang bisa dipantulkan.

Namun, orbit Bulan di sekitar Bumi sedikit berbeda dengan orbit Bumi terhadap Matahari, gerhana bulan tidak selalu terjadi dalam garis lurus yang sempurna. Hal ini membuat gerhana bulan terbagi menjadi tiga macam, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

Gerhana bulan sebagian

Gerhana bulan sebagian disebut juga dengan gerhana bulan parsial. Gerhana bulan parsial terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan tidak tepat berada di satu garis lurus.

Hal ini membuat bayangan Bumi tampak di permukaan Bulan seolah memakan sebagian permukaan Bulan. Walaupun begitu, dalam proses terjadinya gerhana bulan total juga melewat fase gerhana bulan parsial.

Baca juga: 7 Fakta Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021, Sejarah hingga Link Streaming

Perbedaan gerhana bulan parsial dengan gerhana bulan total

Pada gerhana bulan total, bayangan Bumi tidak hanya menutupi sebagian permukaan Bulan, namun seluruh permukaan Bulan. Bulan tidak akan menghilang seluruhnya tanpa cahaya sama sekali.

Cahaya Matahari masih akan tembus sedikit melalui atmosfer Bumi. Cahaya tersebut akan menyebar dan sampai ke permukaan Bulan. Bulan akan tampak sedikit bercahaya sehingga kita masih bisa melihatnya.

Selain itu, yang membedakan gerhana bulan total dengan gerhana bulan parsial adalah warna yang muncul pada Bulan. Gerhana bulan total biasanya akan timbul lebih merah.

Hal ini karena spektrum cahaya yang bisa diteruskan oleh Bumi hanya spektrum merah. Spektrum warna lain cenderung lebih banyak diserap dan terhalangi oleh Bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.