Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Korea Selatan Mendapat Julukan Negeri Ginseng?

Kompas.com - 25/03/2022, 08:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tahukah kamu negara yang mendapat sebutan negeri ginseng? Tepat sekali, negeri ginseng adalah Korea Selatan. Begini ternyata sejarahnya mengapa Korea Selatan dijuluki negeri ginseng.

Tanaman ginseng

Ginseng adalah herbal yang manfaatnya sudah mendunia. Proses panennya yang sulit membuat ginseng memiliki harga jual yang tinggi. Untuk memanen ginseng, dibutuhkan waktu setidaknya 6 tahun untuk mendapatkan ginseng yang sudah matang dan berkualitas tinggi.

Korea Selatan mendapatkan julukan negeri ginseng karena Korea Selatan adalah penghasil ginseng terbesar di dunia. Penghasil ginseng lainnya adalah China dan Jepang, namun hanya dalam jumlah yang sangat sedikit.

Daerah penghasil utama ginseng terletak di Geumsan, Provinsi Chungcheong Selatan. Pada tahun 2015, Geumsan Korean Ginseng Agricultural System mendapatkan gelar Globally Important Agricultural Heritage System (GIAHS) dari Food and Agricultural Organization of the United Nation (FAO).

Baca juga: 6 Rempah untuk Mengatasi Peradangan, Jahe hingga Ginseng

Sejarah penanaman ginseng

Ginseng dipercaya telah ditanam di tanah Korea sejak tahun 2137 Sebelum Masehi. Kala itu, mereka sudah mengetahui manfaat ginseng yang luar biasa. Penanaman ginseng zaman dahulu dipercaya menjaga kualitasnya dengan mengharuskan ginseng ditanam di gunung tertentu.

Beberapa cara dikembangkan untuk membudidayakan ginseng di tempat yang lebih mudah, namun cara tersebut tidak menghasilkan ginseng dengan kualitas yang baik.

Penanaman ginseng secara luas baru dilakukan pada abad ke 18. Teknik yang digunakan mengacu pada cara yang digunakan pada periode Kerajaan Joseon.

Mereka menanamnya mulai dari akar muda ginseng. Area penanaman sangat mempengaruhi kualitas ginseng yang dihasilkan, seperti cuaca dan tipe tanahnya. Oleh karena itu, tidak mudah mendapatkan ginseng yang bagus.

Tidak hanya itu, yang membuat budidaya ginseng semakin sulit adalah sulitnya menanam ginseng baru yang telah di panen. Akar muda ginseng yang bisa digunakan untuk menanam ginseng berikutnya hanya bisa digunakan sekali.

Selain itu, tanah yang telah digunakan untuk memanen ginseng juga harus diistirahatkan, setidaknya selama 2 tahun. Biasanya tanah akan digunakan untuk menanam tanaman lain, seperti kacang kedelai atau cabai.

Itulah yang membuat ginseng menjadi tanaman yang sulit untuk dibudidayakan dan bernilai jual tinggi. Sekarang, kamu sudah tahu kan kenapa Korea mendapat julukan negeri ginseng?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com