Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini M 5,1 Guncang Lebak Banten Terasa hingga Bogor dan Depok

Kompas.com - 18/03/2022, 09:54 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gempa terkini bermagnitudo M 5,1 mengguncang wilayah Lebak, Banten dini hari tadi pada pukul 03.53 WIB, Jumat (18/3/2022). Gempa tektonik ini tidak berpotensi tsunami. 

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,75° LS ; 106,21° BT.

Lokasi tepat berada di darat wilayah Cigemlong Lebak, Banten pada kedalaman 154 kilometer.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal)," kata Bambang.

Baca juga: Gempa Terkini M 5,3 Guncang Lebak Banten, Sudah 6 Kali Susulan

Hasil pemodelan BMKG, gempa hari ini di Lebak Banten, tidak menunjukkan adanya potensi tsunami. Namun, getaran akibat guncangan gempa bumi ini dirasakan dengan skala bervariasi di sejumlah daerah.

Gempa Lebak ini berdampak dan dirasakan di daerah Cibaliung dengan skala intensitas II-III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sedangan, daerah Bogor, Depok, Karawaci, Tangerang dan Tangerang Selatan dan Pandeglang merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi dengan skala intensitas I-II MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 04.45 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa Banten hari ini

Serta, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Lebak, Banten, Dipicu Subduksi Lempeng

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com